SOLOPOS.COM - Vaksin Covid-19 buatan Pfizer. (Antara-Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Juru Bicara PT Bio Farma Persero Bambang Heriyanto mengakui proses pengadaan vaksin Covid-19 dengan pihak Pfizer sampai dengan saat ini masih on progress. Belum ada target terkait dengan waktu kedatangan vaksin untuk virus corona tersebut.

Saat ini, lanjut Bambang, penandatanganan pengadaan vaksin Covid-19 oleh Bio Farma baru dilakukan dengan dua perusahaan penyedia vaksin, antara lain AstraZaneca sebanyak 50 juta dosis dan Novavac 50 juta dosis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Memilih Arah Rumah Sesuai Petunjuk Fengsui

“Pengadaan vaksin Pfizer masih on progress dan belum ada target akan didatangkan kapan. Sejauh ini yang sudah tandatangan baru AstraZaneca dan Novavac sebanyak 50 juta. Dari penyedia yang lain masih terus berproses,” ujar Bambang kepada Bisnis, Rabu (13/1/2021). Adapun, pembicaraan pengadaan dengan Pfizer berlangsung dengan skema government-to-business (G2B)

Sebagai informasi, PT Bio Farma mendapatkan mandat untuk melaksanakan pengadaan vaksin Covid-19 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Penugasan kepada PT Bio Farma juga dapat melibatkan anak perusahaan Farma, yaitu PT Kimia Farma Tbk. dan PT Indonesia Farma Tbk..

4 Jenis Vaksin

Terkait dengan hal tersebut, sebelumnya Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi mengatakan terdapat empat jenis vaksin yang masih dan diupayakan kedatangannya, antara lain Corona Vac dari Sinovac (140 juta dosis), Novavac (50 juta dosis), AstraZaneca (50 juta dosis), dan Pfizer (50 juta dosis). Dari semua jenis vaksin, baru CoronaVac yang tiba di Tanah Air dengan jumlah 3 juta dalam bentuk jadi dan 15 juta dalam bentuk bahan baku.

Sementara itu, Novavac ditargetkan tiba pada Juni 2021, serta Pfizer dan AstraZaneca diestimasikan Bio Farma datang pada April 2021. Selain itu, ada potensi 54-108 juta dosis vaksin gratis dari GAVI.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya