SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Moderna. (opeaccesgoverment.com)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 630 vial vaksin Moderna untuk booster tenaga kesehatan (nakes) sudah tiba di Solo pada Sabtu (7/8/2021). Vaksin booster hanya diberikan pada nakes karena mereka berada di garda terdepan penanganan Covid-19 di tengah lonjakan kasus sebulan terakhir.

Jumlah nakes yang menjadi sasaran bisa jadi berbeda dengan data yang sudah ada. Prioritas utama adalah nakes yang berada di puskesmas, rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 atau fasilitas layanan kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien konfirmasi positif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan vaksin diberikan kepada nakes yang berhadapan langsung dengan pasien. Bukan mereka yang tidak berada di pelayanan langsung.

Baca Juga: Puluhan Nakes dan Sukarelawan RSUD dr Moewardi Solo Ditugaskan di RS Darurat Covid-19 Donohudan

“Kami masih belum mulai karena akan dirapatkan terlebih dahulu. Pemberian vaksin booster ini tidak seperti dua dosis sebelumnya,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (8/8/2021) sore.

Ning, panggilan akrabnya, mengatakan nakes yang menjadi sasaran pemberian vaksin booster di Solo namanya harus berada pada data PCare Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Apabila namanya tidak ada, bisa jadi masuk jadwal penyuntikan berikutnya.

Menyesuaikan Jadwal Fasyankes

Pelaksanaan vaksinasi menyesuaikan jadwal yang disusun fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) masing-masing mengingat harus mengoptimalkan tenaga yang ada guna pelayanan lainnya. Nakes yang bertugas di 17 puskesmas dan 16 RS rujukan Covid-19 diperkirakan menjadi sasaran.

Baca Juga:  2 Hari, Satpol PP Solo Bubarkan 8 Acara Hajatan Pernikahan

“Kami juga harus menyiapkan pakta integritas pemberian dosis ketiga ini, jadi enggak bisa langsung asal menyuntik. Pakta tersebut sebagai dasar agar tidak terjadi penyalahgunaan. Laporannya langsung untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kemenkes. Karena jumlah yang datang saat ini masih terbatas, tidak semua nakes mendapatkan,” bebernya.

Total nakes terdaftar di Kota Solo mencapai 13.000-an orang, sementara vaksin booster yang datang baru 630 vial. Jumlah itu hanya cukup untuk 8.820 dosis karena per vialnya cukup untuk 14 dosis.

Baca Juga: Kirab Pusaka Malam 1 Sura Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran Solo Ditiadakan

“Ya, kami minta nakes yang tidak berada pada penanganan Covid-19 untuk bersabar terlebih dahulu. Pasti semuanya dapat, hanya perlu bersabar,” ucap Ning.

Sebelumnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut vaksin booster untuk tenaga kesehatan sudah tiba dan pelaksanaannya segera dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya