SOLOPOS.COM - Vaksin AstraZeneca bantuan pemerintah Jepang saat diturunkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Kamis (1/7/2021). (Istimewa/Kedubes Jepang Jakarta)

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak kurang lebih satu juta dosis vaksin buatan AstraZeneca yang merupakan bantuan pemerintah Jepang  tiba di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (1/7/2021).  Pengiriman bantuan ini berdasarkan kesepakatan pemberian vaksin dari Jepang untuk Indonesia.

Acara penyerahan vaksin terlaksana secara daring saat vaksin tiba di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Luar Negeri  Mahendra Siregar, Kepala BPOM Penny Lukito, serta Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi, menghadiri acara tersebut.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Dalam acara penyerahan vaksin, Dubes Kanasugi menyampaikan pesan dari Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga kepada Presiden Joko Widodo. “Pada kesempatan ini Jepang memberikan vaksin kepada Indonesia. Ini merupakan bukti dari persahabatan yang erat di antara Jepang dan Indonesia,” kata PM Suga.  “Jepang dan Indonesia selama ini selalu saling membantu dan mempererat ikatan persahabatan ketika menghadapi kondisi yang sulit. Misalkan seperti gempa bumi dahsyat Jepang Timur tahun 2011. Selain itu juga gempa bumi dan tsunami Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018,” sebut pesan PM Suga.

“Kami ingin terus bergandengan tangan dengan Indonesia yang merupakan mitra strategis Jepang untuk mengatasi Covid-19,” sebut pesan PM Suga seperti yang tersampaikan oleh Dubes Kanasugi berdasarkan rilis Kedubes Jepang kepada .

Baca juga: Indonesia akan Terima 2 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya