SOLOPOS.COM - Vaksin AstraZeneca. (ft.com)

Solopos.com, SOLO -- Public Health England atau PHE menyebut dua dosis vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca ternyata 92 persen efektif melawan varian virus corona Delta dari India.

Hal tersebut diungkap oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Jumat (18/6/2021).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Baca Juga: Rencana PPN Pendidikan Dinilai Bentuk Komersialisasi dan Hambat Mutu

Ekspedisi Mudik 2024

Dari data yang disampaikan Reisa, vaksin AstraZeneca ini mampu mencegah rawat inap dan kematian bagi seseorang yang terpapar Covid-19 varian Delta.

Vaksin ini juga menunjukkan tingkat efektivitas yang tinggi terhadap Varian Alpha atau b.1.1.7 yang sebelumnya disebut varian 'kent' Inggris dengan menurunkan 86% rawat inap dan tidak ada kematian yang dilaporkan.

Baca Juga: Masaran Sragen Luncurkan Sade Sapu Agar UMKM Kompak Berkembang

Seperti yang diketahui varian Delta adalah kontributor utama gelombang infeksi Covid-18 yang saat ini terjadi di India dan sekitarnya. "Baru-baru ini menggantikan varian Alpha sebagai strain dominan di Skotlandia dan telah menyebabkan peningkatan kasus yang signifikan di Inggris," ujar Reisa.

Pada kesempatan itu pula, Reisa juga membeberkan hasil kajian dari Balitbang Kemenkes yang mengumumkan vaksin Sinovac efektif mencegah kematian dan bergejala berat.

Baca Juga: Gareth Southgate & Harry Kane Ganti Bela Coca-Cola

"Berdasarkan analisis, ditemukan bahwa vaksinasi Sinovac dosis lengkap bisa menurunkan atau bisa mengurangi risiko Covid-19 sebanyak 94 persen," jelas dia.

Baca Juga:  Lagi Ramai Dicari di Instagram! Ini Foto Lucu Kucing Viral Bobby Milik Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya