SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

JAKARTA-Tak hanya bayi dan balita yang membutuhkan vaksin atau imunisasi, remaja, orang dewasa, ibu muda, bahkan lansia pun memerlukannya. Berikut vaksin-vaksin yang dibutuhkan manusia berdasarkan usia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Vaksinasi dibutuhkan untuk semua golongan umur, mulai dari bayi baru lahir sampai lansia,” jelas Prof. DR. Dr Sri Rezeki S. Hadinegoro, SpA(K), Ketua Satgas Imunisasi IDAI, dalam acara Seminar Media Simposium Imunisasi IDAI ke-3, di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta, dan ditulis detikHealth, Kamis (12/7/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Prof Sri menjelaskan, sebelum mencapai usia 12 tahun imunisasi yang diberikan adalah imunisasi primer, 1-3 tahun imunisasi ulangan dan melengkapi imunisasi, balita dan usia sekolah imunisasi ulangan dan melengkapi imunisasi, sedangkan remaja, ibu muda dan lansia untuk mencegah terpajan penyakit.

Berikut vaksin yang diperlukan berdasarkan usia:

1. Bayi
Imunisasi yang diperlukan adalah HB, BCG (mencegah tuberkulosis), DPT (mencegah difteri, pertusis dan tetanus), Hib (hemophilus influenza tipe b untuk mencegah pneumonia dan meningitis), PCV (pneumococcal conjugate vaccine untuk mencegah pneumonia), influenza dan campak.

2. Balita
Imunisasi yang diperlukan adalah DPT, Hib , PCV, influenza, MMR (mencegah campak, gondongan dan campak Jerman) dan varisela (mencegah pneumonia dan meningitis).

3. Balita (lanjutan)
Imunisasi yang diperlukan adalah DPT, MMR, varisela, tifoid, influenza dan hepatitis A.

4. Usia sekolah
Imunisasi yang diperlukan adalah Td, MMR, HB, varisela, hepatitis A, HPV.

5. Remaja
Imunisasi yang diperlukan adalah hepatitis B, varisela, hepatitis A dan HPV.

6. Ibu muda
Imunisasi yang diperlukan adalah HB dan HPV.

7. Lansia
Imunisasi yang diperlukan adalah influenza dan Pnc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya