Utang Indonesia Numpuk Rp6.000 Triliun, Cuma 2 Pria yang Mampu Lunasi

Inilah dua pria yang mampu melunasi utang luar negeri Indonesia senilai Rp6.000 triliun.
SHARE
Utang Indonesia Numpuk Rp6.000 Triliun, Cuma 2 Pria yang Mampu Lunasi
SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang. (Reuters/Supri)

Solopos.com, JAKARTA — Jumlah utang luar negeri (ULN) Indonesia menembus angka USD423,1 miliar atau setara Rp6.008 triliun pada triwulan III-2021. Jumlah utang ini tumbuh sekitar 3,7% dari sebelumnya.

Dikutip dari Bisnis.com, posisi utang luar negeri Indonesia tercatat sebesar US$205,5 miliar atau tumbuh 4,1 persen secara tahunan, lebih rendah dari pertumbuhan kuartal sebelumnya sebesar 4,3 persen. Perkembangan tersebut disebabkan oleh pembayaran neto pinjaman seiring lebih tingginya pinjaman yang jatuh tempo dibandingkan dengan penarikan pinjaman.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Sementara itu, ULN swasta pada kuartal III/2021 tumbuh sebesar 0,2 persen secara tahunan, setelah pada periode sebelumnya mengalami kontraksi 0,3 persen secara tahunan. Pertumbuhan ULN swasta tersebut disebabkan oleh pertumbuhan ULN perusahaan bukan lembaga keuangan sebesar 1,0 persen secara tahunan.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Baca juga: Naik Lagi, Utang Luar Negeri RI Kini Rp6.000 Triliun

Peran ULN pun akan terus dioptimalkan dalam menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, dengan meminimalisasi risiko yang dapat mempengaruhi stabilitas perekonomian.

Akan tetapi, sejumlah pengamat ekonomi memperkirakan Indonesia belum bisa melunasi utang tersebut hingga 2050 mendatang. Dikutip dari Okezone, ada dua orang yang bisa melunasi utang luar negeri Indonesia yang menumpuk itu.

Baca juga: Utang Garuda Indonesia Capai Rp100 Triliun, Ini Penjelasan Erick Thohir

Keduanya adalah Elon Musk dan Jeff Bezos yang merupakan orang terkaya di dunia. Saat ini Elon Musk menempati posisi pertama orang terkaya dunia, sementara Jeff Bezos berada di urutan kedua.

Mengutip Forbes real time billionaires, Jakarta, Selasa (16/11/2021), harta Elon Musk yang merupakan bos Tesla dan SpaceX mencapai USD266,9 miliar atau setara Rp3.789,90 triliun. Sementara, harta Jeff Bezos yang merupakan bos Amazon dan Blue Origin mencapai USD204,2 miliar atau setara Rp2.899,64 triliun.

Jika kekayaan mereka ditotal, maka mencapai sekira Rp6.688 triliun. Dengan angka tersebut, maka utang luar negeri Indonesia Rp6.008 triliun bisa dilunasi.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago