[ X ] CLOSE

Utamakan Fisik, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Menuai Kritik

Pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija, menilai tim pelatih Timnas Indonesia hanya fokus pada latihan fisik.
Utamakan Fisik, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Menuai Kritik
SOLOPOS.COM - Shin Tae-yong di pemusatan latihan (TC) Timnas di Jakarta hingga 31 Desember mendatang. (Pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, mengucapkan terima kasih atas kritik yang disampaikan  arsitek PSM Makassar, Milomir Seslija. Shin Tae-yong menilai metode melatihnya sudah benar, yaitu meningkatkan fisik pemain.

Milomir Seslija mengutarakan pendapatnya soal tim nasional Indonesia setelah PSM menundukkan Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2021-2022, Sabtu (18/9/2021) lalu. Pelatih berpaspor Bosnia-Herzegovina itu menilai tim pelatih Timnas Indonesia hanya fokus pada latihan fisik.

Menurut Milo, panggilan Milomir Seslija, fisik pemain Indonesia sebenarnya sudah cukup bagus. Selain itu, Milo juga mempertanyakan cara tim pelatih Timnas Indonesia dalam pemilihan pemain. Dia menyayangkan tidak ada satu pun anak asuhnya yang dipanggil pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Persijap Jepara Pun Targetkan Juara Liga 2

Sebagai informasi, pelatih kepala timnas Indonesia Shin Tae-yong sangat memerhatikan kondisi fisik pemain Indonesia dan kerap memberikan menu khusus untuk itu demi meningkatkan stamina anak-anak asuhnya. Hal tersebut dianggap Shin dapat menjaga level konsentrasi dan daya juang Timnas Indonesia dalam pertandingan.

Shin pun menginginkan agar fisik pemain Indonesia setidak-tidaknya sama dengan pemain Korea Selatan.

“Apakah pelatih-pelatih tim nasional tidak melihat pertandingan sepak bola di sini, semua talenta yang ada sekarang? Pelatih timnas ini mau membawa pemain Indonesia seperti pemain Korea Selatan. Seharusnya dia beradaptasi dengan apa yang ada di Indonesia dan melakukan pendekatan berbeda,” tutur Milomir saat itu.

Baca Juga: Pemain Muda Dominasi Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia

 

Lebih Kuat

Atas kritikan mantan pelatih Arema FC tersebut, Shin Tae-yong pun menjawab melalui akun Instagram pribadi miliknya. Pelatih asal Korea Selatan itu menghormati pandangan Milo, namun baginya progam yang dijalankan sudah benar.

“Kepada Coach Milo (PSM Makassar), terima kasih atas pendapatnya. Menurut saya sepak bola itu sangat dibutuhkan fisik dasar. Saya menilai para pemain Indonesia pasti akan menjadi jauh lebih baik, jika para pemain dapat meningkatkan fisik,” tulis Shin dalam akun Instagram pribadinya, Senin (20/9/2021).

“Kemampuan individu para pemain Indonesia sangat baik, tetapi jika meningkatkan kemampuan fisik, pasti sepak bola Indonesia akan menjadi lebih kuat,” sambungnya.

Baca Juga: Liga 2 Digelar Senin-Kamis di Daerah PPKM Level 2 dan 3

“Sekali lagi terima kasih atas pendapat yang diberikan oleh Coach Milo. Semoga tim atau klub Coach Milo menjadi lebih baik dan kuat,” tutupnya.

PSSI memang baru saja mengumumkan daftar pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia. Sebanyak 36 pemain dipanggil dan kini tengah menjalani pemusatan latihan di Jakarta.

TC ini digelar untuk mempersiapkan diri guna tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Taiwan pada Oktober 2021.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago