SOLOPOS.COM - Alumnus Udinus Semarang, Denise Sherlyn Sutejo S.Tr. Anim (tengah), menunjukkan film animasi berjudul Si Warik buatan civitas academica Udinus yang dibuat untuk menyambut hari jadi Kota Semarang. (Solopos.com-Udinus Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Mahasiswa Program Studi (Prodi) D4 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang memproduksi film animasi berjudul ‘Si Warak Cilik (Warik)’. Film animasi ini dibuat untuk menyambut hari jadi Kota Semarang yang jatuh pada Mei mendatang.

Proses pembuatan film animasi ‘Si Warik’ dikerjakan oleh mahasiswa, alumni dan dosen Prodi D4 Animasi Udinus. Produksi dilakukan di Diploma Empat Animasi Dian Nuswantoro (Dandin) Studio yang merupakan studio animasi milik Prodi D4 Animasi Udinus, bekerja sama dengan studio animasi Manimonki.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Prodi D4 Animasi Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti, S.Kom., M.Kom, menjelaskan film animasi Si Warik merupakan proyek dari program studi dan melibatkan para mahasiswa yang sedang magang dan para alumni. Salah satunya alumni yang terlibat dalam produksi film ini yakni Denise Sherlyn Sutejo S.Tr. Anim.

Baca juga: Inilah Ghozali Everyday, Mahasiswa Udinus Raup Rp1,5 M dari Foto Selfie

Sementara itu, para dosen dilibatkan untuk melakukan supervisi dari film animasi tersebut. Menurutnya, film tersebut juga sebagai cara memperkenalkan Kota Semarang dan juga memperingati hari jadi Kota Semarang yang jatuh pada awal Mei mendatang.

“Kami juga melibatkan para praktisi dari studio animasi di Indonesia, mereka kami libatkan sebagai quality control dari film animasi kami. Sekitar 20 mahasiswa dosen kami libatkan dalam pembuatan film animasi ini,” jelasnya.

Film animasi berdurasi sekitar 6 menit ini menampilkan tiga tokoh utama, yakni Dian, Warik, dan Endog. Dalam cerita itu, Dian digambarkan sebagai anak perempuan yang berambut biru, berpakaian biru dan berkacamata. Nama Dian Sendiri diambil dari nama Universitas Dian Nuswantoro tempat animasi itu diproduksi. Sementara, Warik digambarkan sebagai anak laki-laki yang memakai baju dan topeng Warak Ngendog yang berwarna merah. Sedangkan, Endog sendiri digambarkan sebagai robot yang berbentuk seperti telur, dapat terbang dan tentunya ia memiliki kecerdasan dan mengetahui berbagai hal layaknya mesin pencari.

Baca juga: Keren! Film Animasi Nussa Bakal Tayang di Korea Selatan

Produser Film Si Warik sekaligus dosen Prodi D4 Animasi Udinus, Nita Virena Nathania B.Des (Hons)., MBA, mengatakan animasi Si Warik ditunjukkan bagi kalangan anak-anak. Produksi film itu bertujuan untuk memberikan edukasi dan pesan pendidikan kepada anak-anak di Indonesia. Produksi film animasi ini juga sebagai alat untuk belajar dari para mahasiswa sebelum mereka nantinya terjun di dunia animasi yang sesungguhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya