SOLOPOS.COM - Heboh Ceramah Tumpeng Itu Hindu (Twitter @HafidzAlattas @kaesangp)

Solopos.com, JAKARTA -- Ceramah seorang pria yang disebut Ustaz Abdul Aziz tentang tumpeng, videonya viral. Karena dia menyebut tumpeng adalah ajaran Hindu beredar luas. Kaesang Pangarep pun ikut merespons soal tumpeng itu.

Tumpeng sudah lama dikenal sebagai salah satu makanan khas Indonesia berupa olahan nasi berbentuk segitiga (kerucut). Kemudian di sekelilingnya berisi aneka lauk. Seperti ayam goreng, orek tempe, telur, hingga urapan sayur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, tumpeng tiba-tiba menjadi topik hangat, karena penceramah Ustaz Abdul Aziz menyebut tumpeng merupakan simbolisasi dari agama Hindu. Ia mengatakan, "Barang siapa yang sudah membikin tumpeng berarti dia sudah beragama Hindu," ujar Ustaz Abdul Aziz pada video tersebut.

Dalam video itu juga Ustaz Abdul Aziz memulai ceramahnya dengan menampilkan gambar tumpeng berbentuk segitiga (kerucut). Lalu ia juga menyebutkan dalam ceramahnya kalau bentuk tumpeng ini adalah wujud manifestasi trimurti dewa Hindu yaitu Shiwa, Wishnu, dan Brahmana.

"Konsep di dalam agama Hindu, kastra Sudra yang sulit baca 'Om swastiastu awikina wastu Eka eva Brahmana' sahadatnya sulit nggak itu ayah bunda? Maka di dalam kitab itu kasta sudra cukup membikin tumpeng. Bentuknya segitiga yang dimaksud di sini adalah trimurti, manifestasi Dewa Brahma, Shiwa, dan Whisnu," jelas Ustaz Abdul Aziz.

Rampung Digebuki Warga, Terduga Pencuri Diberi Makan Nasi Bungkus

Oleh karenanya beliau mengajak kepada jemaahnya untuk meninggalkan tradisi tumpeng berbentuk segitiga (kerucut). Ia menyebutkan bisa menggantinya dengan kreasi lain.

"Tidak usah bikin tumpeng, tapi Anda ratakan saja. Bisa Anda taruh di piring, bisa Anda letakkan di kotak makan," ujarnya dilansir dari Detik.com.

Heboh Ceramah Ustaz Abdul Azis, Tumpeng Itu Hindu (Twitter @HafidzAlattas @kaesangp)

Belum Sempat Kirim Barang, Sopir asal Bejen Karanganyar Ini Meninggal di Truk

Respons Kaesang

Kalimat yang dilontarkan oleh Ustaz Abdul Aziz ini ternyata menjadi pro kontra. Pasalnya banyak orang beragama lain, termasuk Islam membuat tumpeng dan menikmatinya.

Seperti seorang netizen bernama Hafidz Alattas, dalam Twitter-nya @HafidzAlattas (29/11) menuliskan keterangan, "Ini serius, Ustaz? Aduhh, saya, ibu saya, istri saya dan berapa juta orang Islam sudah jadi Hindu ini!? Islam yang mudah, dipersulit olehnya."

Cuitan inipun viral di Twitter dan membuat banyak netizen memberikan tanggapan soal tumpeng tersebut. Banyak yang mempertanyakan soal tumpeng dengan bentuk lain seperti ketika dicetak bentuk hati hingga tokoh kartun.

Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo yang kini aktif berbisnis juga ikut menanggapi soal tumpeng. Kaesang mengunggah foto tumpeng berbentuk Hello Kitty, karakter kucing kartun yang imut.

"Kalo tumpengnya helo kiti gimana?" tanyanya pada cuitan di Twitter @kaesangp (29/11).

Hasil Tes Swab Covid-19 Habib Rizieq Sudah Keluar, Tapi Rahasia

Heboh Ceramah Ustaz Abdul Azis soal tumpeng Itu Hindu (Twitter @HafidzAlattas @kaesangp)

Cuitan Kaesang Pangarep ini akhirnya viral. Banyak yang menanggapinya dengan tumpeng berbentuk Barbie, Minion, Sponge Bob, hingga tumpeng dari mie goreng.

"Ini aja (tumpeng Barbie), biar setelah makan bisa main," tulis netizen.

"Kalo bentuknya minion sama anak pitek juga gimana?" sahut netizen lain.

"Gimana kalo ini (tumpeng dari mie goreng)?" komentar lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya