Usir Bau Tak Sedap Kamar Mandi dengan Tanaman Ini
Solopos.com|lifestyle

Usir Bau Tak Sedap Kamar Mandi dengan Tanaman Ini

Tanaman hias jenis tertentu bisa ditempatkan di sudut kamar mandi, rak, ambang jendela atau digantung. Tanaman hias ini tidak hanya memberi warna pada kamar mandi tetapi juga memberi udara segar.

Solopos.com, SOLO -- Ada banyak cara untuk mengusir bau tak sedap kamar mandi. Salah satunya dnegan meletakkan tanaman di dalamnya. Kamar mandi biasanya memiliki suhu yang hangat dan lembap sehingga cocok untuk beberapa tanaman. Menaruh tanaman hias di dalam kamar mandi memiliki berbagai manfaat. Selain menjadi tanaman hias, sekaligus menjadi dekorasi dan meningkatkan kualitas udara di kamar mandi.

Tanaman hias jenis tertentu bisa ditempatkan di sudut kamar mandi, rak, ambang jendela atau digantung. Tanaman hias ini tidak hanya memberi warna pada kamar mandi tetapi juga memberi udara segar.

Tanaman hias di kamar mandi juga bisa membantu mengusir bau tidak sedap. Berikut 10 tanaman hias yang bisa kamu taruh di kamar mandi untuk mengusir bau tak sedap, dirangkum dari Liputan6.com.

Baca Juga: 7 Cara Bikin Interior Rumah Bernuansa Natural Dan Nyaman

Menjadi Penghias Kamar Mandi

1. Lidah buaya
Tanaman hias ini merupakan tanaman yang bisa ditaruh di mana saja, termasuk kamar mandi. Sebaiknya lidah buaya diletakkan di ambang jendela yang cerah. Lidah buaya berfungsi sebagai pembersih udara di kamar mandi. Lidah buaya bisa menurunkan kadar karbon dioksida di malam hari. Lidah buaya juga berfungsi menghilangkan bahan kimia berbahaya seperti formaldehyde dan benzene dari udara.

2. Spider plant
Spider plant merupakan tanaman yang memiliki keunggulan. Tanaman ini bisa menghilangkan zat beracun seperti formaldehyde dan karbon monoksida dari udara di lingkungan yang lembap. Tanaman ini sebaiknya ditempatkan di ambang jendela untuk menerima cahaya matahari. Untuk perawatannya cukup sirami satu atau dua kali sepekan.

3. Peace lily
Peace Lily memiliki bunga berwarna putih dan daun hijau gelap. Peace Lily selain indah juga memiliki beberapa manfaat yakni sebagai tanaman penangkal racun dalam ruangan. Daunnya bisa menyaring udara, memberi warna di kamar mandi, dan menghasilkan kualitas udara yang lebih baik. Peace Lily tidak membutuhkan banyak cahaya dan bisa hidup di area lembap.

Baca Juga: Begini, Inspirasi Desain Interior Dari Warna Hitam Putih

Meningkatkan Kualitas Udara

4. Lidah mertua
Tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang bisa meningkatkan kualitas udara. Tanaman ini juga berfungsi untuk mengurangi gas dan zat beracun di kamar mandi.

5. Jeruk
Tanaman jeruk bisa menciptakan aroma menyegarkan di kamar mandi. Jenis tanaman jeruk yang bisa ditaruh di kamar mandi yakni pohon jeruk santang, jeruk nagami, dan jeruk purut.

6. Mint
Dikenal sebagai tanaman menyegarkan yang berfungsi sebagai pengharum ruangan. Tanaman ini mudah tumbuh dan dapat ditanam di mana saja. Tanaman ini bisa diletakkan di stoples dan dibiarkan selama sepekan maka akan mengeluarkan bau segar.

7. Gardenia
Jenis yang paling sering ditanam di dalam ruangan ialah Gardenia jasminoides. Tanaman hias yang juga dikenal dengan nama kacapiring ini memiliki daun hijau tua mengkilap dan bunga warna putih yang menebarkan aroma yang aromatik. Pastikan mendapatkan cahaya cukup agar Gardenia bisa tumbuh dengan baik.

8. Anggrek
Banyak jenis bunga anggrek yang ideal untuk kamar mandi yang tidak terlalu dingin. Ada beberapa jenis anggrek yang bisa kamu letakkan di kamar mandi yakni dendrobium, phalaenopsis, dan paphiopedilums. Anggrek yang bisa berbunga selama beberapa pekan dapat kamu jadikan list untuk penghilang bau tak sedap di kamar mandi.

Baca Juga: Inilah Tren Desain Interior 2021 Menurut Para Ahli

Perhatikan Kebutuhan Cahaya

9. Rosemary
Tanaman rosemary memiliki berbagai kegunaan. Salah satunya bisa memberi aroma segar di kamar mandi. Tanaman ini memiliki daun hijau dengan bentuk mirip jarum. Sebagian besar tanaman berdaun jarum merupakan pemurni yang sangat baik, terutama untuk udara musim dingin yang lembap.

10. Krisan
Krisan atau chrysanthemums menjadi rekomendasi untuk menjadi tanaman hias di kamar mandi. Warnanya yang cantik dan aroma yang segar, membuat krisan bisa menjadi tanaman yang berguna yakni sebagai pemurni udara, menghilangkan racun umum dan juga amonia. Tanaman krisan membutuhkan cahaya yang lebih rendah agar dapat mekar.

11. Aglaonema
Aglaonema bisa jadi pilihan bagi kamu yang memiliki kamar mandi gelap. Tanaman ini bisa hidup di ruangan tanpa sinar matahari karena mampu mentolerir cahaya rendah dan suka kelembapan konstan. Aglaonema juga hadir dalam beragam warna mulai dari hijau, putih, hingga merah.

12. Golden pothos
Golden pothos merupakan tanaman merambat yang bisa menjadi dekorasi untuk kamar mandi. Tanaman ini bisa hidup di ruangan yang cenderung gelap. Golden pothos mampu memberi kesegaran sendiri pada kamar mandimu.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago