SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak bermain gadget (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Pernahkah Anda sebagai orang tua muncul pertanyaan usia berapa sih anak boleh punya HP sendiri?

Seperti yang diketahui, anak kecil memegang handphone atau HP sudah bukan lagi hal asing bagi orang tua.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sosok Gundul Pringis Hingga Si Cantik yang Menghantui Danau UNS Solo

Bagi beberapa orang tua, HP menjadi salah satu solusi untuk membuat si kecil tenang dan diam sehingga Anda bisa leluasa untuk melakukan sesuatu.

Namun, Anda sebagai orang tua harus waspada karena anak yang terlalu sering bermain HP bisa berdampak buruk terhadap perkembangannya.

Banyak yang Tak Tahu! 5 Artis Cantik Ini Ternyata Punya Suami Polisi

Jika takut dengan efeknya, sebenarnya usia berapa sih anak boleh punya HP sendiri?

Menjawab pertanyaan tersebut, Direktur Pusat Penelitian Psikologi Media, Pamela Rutledge mengatakan tidak ada patokan khusus untuk memberikan HP kepada anak.

Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC, Hemat Dikantong Lho!

"Pertanyaan sebenarnya adalah, 'untuk apa HP itu?' Tidak pada usia berapa anak itu menggunakannnya," ujar Pamela dilansir Detik.com, 2017 silam.

Bukan usia yang menjadi paramater melainkan aktivitas yang sudah dikenali oleh anak. Pamela mencontohkan anak yang sudah boleh punya HP sendiri, yaitu ketika sudah aktif berolahraga.

Ingin Kurus dan Bebas Penyakit? Coba Deh Diet Satu Ini

Ilustrasi anak main gadget
Ilustrasi anak main gadget (Freepik)

"Jika anak aktif berolahraga, dan di sana banyak sekali logistik serta emergency. Maka, itu adalah alasan yang dapat diterima," tambah dia.

Anak yang Mandiri

Senada dengan Pamela, Editor Media di San Fransisco, Amerika Serikat, Caroline Knorr mengatakan kematangan dan kemampuan anak dalam bertanggung jawab jauh lebih penting dibandingkan dengan usia berapa anak itu punya HP sendiri.

Caroline menjelaskan jika anak Anda sudah lebih mandiri, biasanya duduk di bangku SMP maupun SMA, sang anak sudah siap untuk punya HP sendiri.

Pengen Punya Plat Nomor Cantik? Ini Biaya yang Harus Dikeluarkan

Tingkat kemandirian anak bisa dikenali melalui beberapa pertanyaan berikut ini.

"Apakah anak Anda kehilangan barang-barangnya? Apakah ia biasanya seorang anak yang bertanggung jawab? Dapatkah Anda percaya padanya? Apakah dia mengerti bagaimana menggunakan HP dengan aman? Tingkat kedewasaan anak-anak bervariasi. Bahkan, akan berada di antara saudara kandungnya," jelas Director of Training in Physology, NYU Child.

Membaca Karakter Anak dari Jam Lahir, Cek Sekarang!

Evans juga menilai anak-anak yang boleh punya HP sendiri adalah ketika dia berpergian sendirian tanpa ditemani orang tua maupun kakak adiknya.

Anak Kecanduan Gadget, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Ternyata Ini Rahasia Supaya Hasil Foto KTP Kamu Bagus

Tips Parenting Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya