SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Pascalibur Lebaran stok darah di PMI Ponorogo menipis.

Madiunpos.com, PONOROGO — Setelah libur panjang Lebaran, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ponorogo mengalami kekurangan stok darah. Menipisnya stok darah di Ponorogo ini lantaran ada penurunan donor darah selama bulan Ramadan hingga libur Lebaran.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Petugas PMI Ponorogo, Sunarni, mengatakan stok darah berbagai golongan di PMI Ponorogo hingga Selasa (4/7/2017) masih menipis. Namun, paling parah yaitu untuk stok darah golongan O jumlah sangat terbatas.

Dia menuturkan dalam setiap hari kebutuhan darah di wilayah Ponorogo mencapai 40 kantong darah dari berbagai golongan. “Sebenarnya persediaan darah masih ada, tetapi memang jumlahnya menipis dan di bawah stok aman harian,” jelas dia, Selasa.

Sunarni menuturkan kondisi ini memang sudah rutin terjadi pada saat Lebaran. Untuk itu, pada saat Ramadan PMI Ponorogo menggelar pendonoran darah di berbagai lokasi keramaian seperti di Alun-alun Ponorogo, swalayan, dan pasar. Tujuannya supaya ketersediaan darah selama Ramadan dan Lebaran aman.

“Kami punya 32 kelompok pendonor darah. Pada saat Ramadan kemarin, habis buka bersama kami juga menggelar donor darah,” kata dia.

Pada saat libur Lebaran, jumlah pendonor darah di Ponorogo juga semakin turun. Hal ini karena banyak warga yang biasanya donor darah sedang sibuk dengan kegiatan perayaan Lebaran dan menunda untuk mendonorkan darahnya. Padahal permintaan darah terus ada.

Dia menyebut satu pasien biasanya membutuhkan satu sampai empat kantong darah. Padahal, satu pendonor darah hanya bisa diambil satu kantong darah saja.

Saat stok benar-benar kosong, petugas meminta kepada keluarga pasien atau penjenguk untuk mau mendonorkan darahnya.

“Kan biasanya ada keluarga yang menjenguk, kalau stok darah memang habis, kami meminta kepada mereka untuk mendonorkan darahnya untuk pasien. Tentu darah yang sesuai golongannya,” terang dia.

Pada momentum Lebaran seperti ini, jelas dia, PMI Ponorogo tidak bisa mengambil atau memberi darah ke PMI daerah lain. Saat Lebaran masing-masing daerah juga mengalami hal yang sama yaitu stok darah menipis.

Untuk data darah di PMI Ponorogo, Selasa, darah golongan A sebanyak 52 kantong, golongan darah B sebanyak 25 kantong, golongan darah AB sebanyak 19 kantong, dan golongan darah O sebanyak 53 kantong.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya