SOLOPOS.COM - Petenis Jepang Kei Nishikori keluar dari lapangan tenis seusai dikalahkan petenis Prancis Benoit Paire di babak pertama US Open 2015. JIBI/Reuters/Geoff Burke-USA TODAY Sports

US Open 2015 telah dimulai. Petenis nomor satu Jepang, Kei Nishikori, harus angkat koper setelah kandas di babak pertama.

Solopos.com, NEW YORK—Kei Nishikori harus mengucapkan selamat tinggal pada US Open 2015 menyusul kesialan yang ia alami di ajang grand slam terakhir musim 2015 ini. Petenis nomor empat dunia ini mesti angkat koper terlalu dini lantaran kandas di babak pertama, Selasa (1/9/2015) dini hari WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nasib unggulan keempat ini berbanding terbalik dengan apa yang ia raih musim lalu di Flushing Meadows, New York. Musim 2014 petenis asal Jepang itu pulang dengan kepala tegak lantaran bisa menembus partai final. Meski berstatus runner up, Nishikori menjadi petenis putra Asia dan Jepang pertama yang mampu memijakkan kaki di final grand slam.

Kini peruntungan itu seakan kabur karena Nishikori langsung tumbang di laga perdana setelah menyerah di tangan petenis Prancis, Benoit Paire, dalam laga dramatis lima set, 4-6, 6-3, 6-4, 6(6)-7, 4-6. Finalis US Open 2014 itu takluk dari Paira dalam pertarungan panjang 3 jam 14 menit.

“Sungguh sangat menyedihkan kalah di babak pertama. Saya tak berpikir buruk soal permainan. Saya kehilangan banyak momentum, konsentrasi, dan servis. Saya acungkan jempol untuk dia,” ujar Nishikori, dilansir Reuters.

Kejutan juga hadir di tunggal putri. Mantan petenis nomor satu dunia, Ana Ivanovic, menelan pil pahit karena dipaksa pulang kampung oleh Dominika Cibulkova. Petenis ranking ketujuh dunia itu tak kuasa membendung laju petenis peringkat ke-50 dunia di babak pertama. Ivanovic kalah tiga set, 3-6, 6-3, 3-6.

“Ini tak mudah. Ia [Cibulkova] menggunakan kesempatan dengan lebih baik daripada yang saya lakukan,” kata Ivanovic yang merupakan perempat finalis US Open 2012.

Meskipun demikian, sejumlah petenis unggulan masih di jalur yang benar. Dua petenis unggulan teratas, Serena Williams dan Novak Djokovic, tak menemui hambatan di laga pertama mereka. Serena yang sedang menjalankan misi sapu bersih titel grand slam mengeliminasi Vitalia Diatchenko. Petenis favorit tuan rumah ini mendapat keuntungan dari sang rival yang mengalami cedera kaki. Serena menang walk over (WO) saat kedudukan, 6-0, 2-0.

Sedangkan Djokovic dengan mudah melenggang ke babak kedua selepas menundukkan petenis Brasil, Joao Souza. Petenis asal Serbia itu menang tiga set langsung, 6-1, 6-1, 6-1. Rafael Nadal sedikit kerja keras saat meladeni Borna Coric. Unggulan kedelapan ini lolos setelah mengalahkan Coric, empat set, 6-3, 6-2, 4-6, 6-4. (Farida Trisnaningtyas/JIBI)

  • Babak Pertama US Open 2015, Selasa (1/9) WIB

–          Tunggal Putra

Novak Djokovic [1]          6-1, 6-1, 6-1                                      Joao Souza

Kei Nishikori [4]                4-6, 6-3, 6-4, 6-7(6-8), 4-6       Benoit Paire

David Ferrer [7]                4–6, 7–5, 6–1, 6–0                        Radu Albot

Rafael Nadal [8]                6–3, 6–2, 4–6, 6–4                       Borna ?ori?

Marin ?ili? [9]                    6–3, 7–6(7–3), 7–6(7–3)          Guido Pella

–         Tunggal Putri

Serena Williams [1]         6–0, 2–0               Vitalia Diatchenko

Dominika Cibulková        6–3, 3–6, 6–3     Ana Ivanovic [7]

Anna Tatishvili                   6–2, 6–1               Karolína Plíšková [8]

Sumber: usopen.org. (rid/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya