SOLOPOS.COM - ilustrasi

 

WATES-Pemkab Kulonprogo berencana mengoptimalkan peran underpass yang berada di beberapa titik untuk mengurai kemacetan di sekitar Kota Wates. Langkah ini diperlukan agar kemacetan tidak semakin parah.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah Kulonprogo Agus Langgeng Basuki mengatakan, setidaknya ada dua underpass yang akan dioptimalkan mulai tahun ini, yakni Margosari dan Kemiri, yang berada di Kecamatan Pengasih.

Menurut dia, Pemkab akan memperlebar jalan di sekitar underpass agar dapat dijadikan jalan alternatif oleh warga. Pemkab mengalokasikan anggaran Rp1 miliar untuk pembebasan lahan di sekitar underpas Margosari. Sedangkan pembangunan fisik jalan direncanakan tahun depan.

“Detail enginering desainnya ada di Dinas Pekerjaan Umum. Tapi anggaran pembebasan lahannya Rp1 miliar dan fisiknya tahun depan. Itu yang Margosari, yang kemiri kami siapkan tahun berikutnya,” kata Langgeng, Senin (25/2/2013).

Langgeng mengungkapkan, tingkat kemacetan di Kota Wates memang belum terlalu parah. Namun kemacetan sudah mulai terlihat menghawatirkan di beberapa titik seperti pintu perlintasan kereta di sisi timur, dan barat.
“Jadi harus disiapkan jalan alternatif,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya