SOLOPOS.COM - Gerbang belakang kampus UNS Solo dibuka kembali pada pekan ini. (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerja sama dan Layanan Internasional (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menginisiasi kerja sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

Inisiasi kerja sama tersebut dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) antara UNS dan UKM pada Senin (26/9/2022) di Ruang Indrakila, UNS Inn.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembahasan inisiasi kerja sama tersebut termasuk dalam rangkaian kunjungan UKM ke UNS. Rombongan UKM dipimpin oleh Prof. Novel Lyndon. Beberapa dosen UKM lainnya yang ikut dalam kunjungan ke UNS di antaranya Prof. Dr. Mohd Fuad Mat Jali, Prof. Madya. Dr. Mohd Nor Shahizan Ali, Dr. Zurinah Tahir, Puan Lydia, dan En Jamalulail.

Rombongan dari UKM disambut oleh Kepala UPT KLI UNS, Rino Ardhian Nugroho, S.Sos., M.T.I., Ph.D.; Koordinator Wilayah Asia dan Timur Tengah, Dr. Anif Jamaluddin; dan Koordinator Wilayah Eropa dan Afrika, Dimas Rahadian, Ph.D. Selain itu, Kepala UPT KLI UNS juga mengundang perwakilan Kantor Urusan Internasional (KUI) berbagai universitas di Kota Solo.

Enam perwakilan KUI hadir adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Politeknik Indonusa Surakarta, Universitas Slamet Riyadi, Universitas Islam Negeri (UIN) Surakarta, Universitas Setia Budi Surakarta, dan Universitas Duta Bangsa.

Baca Juga: FP UNS Bantu Petani Sayur Gedangan Cepogo Boyolali dengan Mesin Ozon

Dalam sambutannya, Rino mengatakan pihaknya mengajak KUI dari universitas di Solo lainnya untuk menumbuhkan kolaborasi antarlembaga. Rino menambahkan bahwa saat ini menuntut kolaborasi dari berbagai lembaga.

“Mudah-mudahan ke depan semakin banyak kolaborasi terkait kerja sama internasional atau mobilitas internasional sehingga kemudian kita satu wilayah ini kerjanya bisa bareng-bareng,” ujar Rino.

Kehadiran perwakilan KUI dari berbagai universitas di Kota Solo diapresiasi oleh Prof. Novel Lyndon dari UKM. Dia sangat senang karena banyak yang hadir sehingga kolaborasi yang dihasilkan nanti dapat menjangkau lebih luas. Lebih lanjut Prof. Novel menyampaikan tujuannya hadir yakni untuk menawarkan model studi lanjut dan penelitian di UKM.

“Kedatangan kami ke sini untuk menawarkan satu model studi di UKM. Nanti saya akan dibantu teman-teman saya. Pertama model untuk S-2 dan S-3. Model ini sangat penting karena the main objective adalah memudahkan dosen-dosen yang bekerja dan tinggal di Solo. Mereka tidak perlu ke Malaysia, tetapi mereka tinggal di sini dan bekerja di sini,” jelas Novel.

Para dosen yang nantinya akan melanjutkan kuliah di UKM tidak perlu ke Malaysia secara penuh. UKM akan melakukan perkuliahan di universitas hos di Solo. Dengan demikian, dosen-dosen yang kuliah di UKM hanya perlu ke UKM selama beberapa minggu atau bulan untuk melakukan riset.

Kerja sama yang dicanangkan juga terkait dengan penelitian. UKM mengajak UNS untuk melakukan penelitian bersama-sama. Penelitian tersebut dapat dipublikasi di beragam jurnal yang bereputasi.

Kolaborasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan ranking perguruan tinggi baik UNS maupun UKM. Inisiasi kerja sama tersebut masih berlanjut sebelum kedua pihak menyepakati nota kesepahaman dan kerja sama secara resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya