SOLOPOS.COM - Foto udara situasi terakhir kerusakan yang diakibatkan banjir bandang di Waiwerang, Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Selasa (6/4/2021). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA -- Total korban tewas akibat bencana alam banjir bandang hingga longsor di NTT hingga Rabu (7/4/2021) mencapai 138 orang.

Hal itu disampaikan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo saat memperbarui data korban yang meninggal akibat bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Terkait dengan penanganan korban yang terdampak, yaitu korban meninggal dunia untuk Flores Timur ada perubahan angka. Perubahan data dari posisi kemarin, sekarang menjadi 67 orang yang meninggal. Kemudian yang hilang sudah berkurang menjadi 5 orang. Karena sudah ditemukan beberapa jenazah pada hari ini," kata Doni dalam siaran YouTube BNPB, Rabu (7/4).

Baca juga: BNPB Beri Rp500.000 untuk Keluarga Terdampak Bencana di NTT

Selain itu Doni juga menjabarkan jumlah orang yang meninggal di Alor hingga Kupang. Jadi total korban yang meninggal dalam bencana di NTT sebanyak 138 orang dan 68 orang belum ditemukan.

"Yang di Alor 25 orang meninggal dan yang hilang 20. Di Malaka yang meninggal 4 orang. Di Kabupaten Kupang yang meninggal 5 orang. Kemudian di Kabupaten Lembata yang meninggal 32 orang dan yang hilang 35 orang. Selanjutnya di Sabu Raijua yang meninggal 2 orang. Di Ende kota Kupang dan Ngada masing-masing 1 orang. Sehingga total korban meninggal yang telah ditemukan datanya mencapai 138 orang dan yang masih dalam pencarian sebanyak 68 orang," tutur dia.

Doni juga mengungkap kendala petugas dalam melakukan evakuasi di lokasi bencana NTT. Dia menyebut alat berat sudah ada tapi masih sulit masuk ke lokasi karena sisa-sisa banjir bandang.

Baca juga: Hari Kesehatan Dunia dan Ketimpangan Vaksin Covid-19

Lokasi Terisolasi

"Kendala untuk menemukan jenazah yang masih berada di sejumlah daerah, terutama yang terbanyak itu di Lembata dan Alor adalah karena kesulitan untuk memobilisasi alat berat," katanya.

Dia mengatakan proses pencarian korban hilang di lokasi bencana NTT akan menggunakan bantuan anjing pelacak (K9). BNPB juga akan mengerahkan 6 helikopter untuk penanganan di sejumlah lokasi yang terisolasi.

Selain itu, upaya penanganan bencana di NTT dibantu sejumlah KRI milik TNI AL dan pesawat milik TNI AU.

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Naik 10%, Volume Kendaraan Diprediksi sampai 9 Juta di Solo saat Lebaran 2024

Naik 10%, Volume Kendaraan Diprediksi sampai 9 Juta di Solo saat Lebaran 2024
author
Ahmad Mufid Aryono Jumat, 29 Maret 2024 - 18:12 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi kepadatan kendaraan saat arus mudik. (Freepik)

Solopos.com, SOLO– Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo memprediksi ada kenaikan volume kendaraan menjadi hampir 9 juta kendaraan atau naik 10 persen dari volume kendaraan Lebaran tahun lalu sebanyak 8,1 juta.

“Sesuai arahan Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Taufiq Muhammad, kami memprediksi ada kenaikan volume kendaraan 10 persen dari tahun sebelumnya 8,1 juta kendaraan dalam 16 hari,” jelas Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wiboo kepada Solopos.com melalui Whatsapp, Jumat (29/3/2024) sore.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Ari, 8.178.813 kendaraan pada tahun lalu itu terjadi selama 16 hari atau h-7 Lebaran, H1 Lebaran, H2 Lebaran, dan H+7 Lebaran 2023 sampai dengan 29 April 2023.

Dia mengatakan sejumlah faktor pendorong naiknya volume kendaraan di Kota Solo pada Lebaran 2024, misalkan libur panjang atau cuti bersama sampai Senin (15/4/2024), sejumlah destinasi wisata baru di Kota Solo, hingga atraksi yang menarik di Kota Solo.

Koran Solopos

Sejumlah destinasi favorit yang menarik di Kota Solo, kata Ari, antara lain Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo Safari, Pura Mangkunegaran, dan Summerland Tirtamas Waterpark. Kemudian ada atraksi di Kota Solo malam hari yang diinisiasi Solo Is Solo.

“Jalan yang rawan macet di simpang Joglo karena banyak pengguna jalan dari luar kota diprediksi belum paham mengenai pengalihan rute selama pembangunan underpass Joglo, kawasan Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo Safari, dan pusat perbelanjaan atau mal,” ujar dia.

Menurut dia, Kementerian Perhubungan Kota Solo memprediksi puncak arus mudik terjadi Senin (8/4/2024). Sedangkan kondisi lalu lintas di Kota Solo ramai setelah H1 Lebaran dan H2 Lebaran di mana tempat wisata dan pusat perbelanjaan menjadi tujuan warga.

Emagazine Solopos

Ari mengatakan petugas Dishub Kota Solo akan bersiaga selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Para petugas siap terjun mengatur lalu lintas pada terjadi kepadatan.

Selain itu, lanjut dia, petugas akan memantau kondisi lalu lintas melalui CC room Dishub Solo dan mengatur lampu lalu lintas. Petugas Dishub Solo sudah mengecek kondisi rambu lalu lintas dan penerangan jalan sebelum libur Lebaran 2024.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan Viaduk Gilingan rampung tiga pekan supaya tidak mengganggu arus lalu lintas untuk pemudik. Dia berharap para pemudik lancar dalam perjalanan.

Interaktif Solopos

“Libur Lebaran lumayan lama semoga membawa dampak ekonomi baik untuk Kota Solo,” jelas dia.

Jumlah total kendaraan selama 16 hari atau H-7 sampai H+7 Lebaran

2019. 7.228.039
2020 (pandemi Covid-19) 3.796.449
2021 3.655.969
2022 7.515.673
2023 8.178.813
2024 Diprediksi naik 10 persen dari Lebaran tahun lalu



Sumber: Dinas Perhubungan Kota Solo. (yup)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Berbagi Kebahagiaan, Tuntas Subagyo Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sukoharjo

Berbagi Kebahagiaan, Tuntas Subagyo Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sukoharjo
author
Suharsih Jumat, 29 Maret 2024 - 17:47 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pendiri Ormas Tikus Pithi Hanata Baris (TPHB) sekaligus calon bupati dari jalur independen, Tuntas Subagyo, menyampaikan sambutan saat acara buka puasa bersama anak yatim di Taman Ratu Maulidya, Desa Purbayan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jumat (29/3/2024). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pendiri Ormas Tikus Pithi Hanata Baris (TPHB) yang bakal maju sebagai Calon Bupati (Cabup) Sukoharjo lewat jalur perseorangan atau independen, Tuntas Subagyo, berbagi kebahagiaan dengan buka puasa bersama puluhan anak yatim pada Ramadan ini.

Hal ini sebagai wujud empati dan momen untuk menempa kepekaan sosial terhadap sesama. Acara bertajuk Ngabuburit Ramadan Bersama Calon Bupatimu itu digelar di Taman Ratu Maulidya, Desa Purbayan, Kecamatan Baki, Jumat (29/3/2024).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara itu dihadiri puluhan anak yatim dari beberapa panti asuhan di Sukoharjo. Kegiatan ini bagian dari Safari Ramadan yang dilakukan Tuntas Subagyo selama Bulan Puasa.

Saban hari, Tuntas Subagyo juga menyambangi masjid dan komunitas masyarakat untuk berbuka puasa bersama sekaligus membagikan aplikasi perpustakaan Islam kepada pengurus dan takmir majid di Sukoharjo. “Kami ingin berbagi kebahagiaan bersama anak yatim di bulan suci ini. Ini juga bentuk empati kami kepada sesama yang membutuhkan,” kata dia.

Koran Solopos

Dalam kesempatan itu, para anak yatim turut berdoa agar proses pencalonan Tuntas Subagyo sebagai bupati jalur independen di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sukoharjo 2024 berjalan lancar. “Doa dari anak-anak yatim dapat menembus langit dan cepat terkabul. Doa anak yatim merupakan doa yang mustajab,” ujar dia.

Tuntas kembali membagikan aplikasi perpustakaan Islam kepada perwakilan masyarakat yang menghadiri acara tersebut. Aplikasi perpustakaan Islam itu berisi beragam informasi dan pengetahuan ajaran Islam.

Aplikasi ini mempermudah umat muslim dalam mempelajari maupun menghafal Al-Qur’an. Tak hanya itu, umat muslim juga bisa belajar hukum-hukum Islam lewat aplikasi perpustakaan online tersebut.

Emagazine Solopos

Tuntas meminta doa restu dan dukungan dari masyarakat dalam Pilkada Sukoharjo pada November 2024. Sebelumnya, Tuntas telah menggelar deklarasi cabup jalur independen yang dikemas dalam konser musik di Lapangan Pringgodani, Desa Mulur, Kecamatan Bendosari.

“Pendaftaran cabup-cawabup jalur independen dibuka pada Mei. Kami terus mematangkan persiapan terutama kelengkapan berkas dukungan dari masyarakat. Ini syarat mutlak pendaftaran pasangan calon jalur independen,” papar dia.

Ditanya mengenai program strategis, Tuntas menambahkan masih banyak kalangan anak muda yang belum memiliki penghasilan memadai. Bahkan, tak sedikit pula yang menganggur karena keterbatasan lapangan kerja.

Interaktif Solopos

Jika diberi amanah sebagai kepala daerah, Tuntas mengatakan ingin menuntaskan persoalan tingginya pengangguran terbuka di Kabupaten Jamu.

“Apabila masyarakat memiliki pekerjaan dan penghasilan yang cukup maka otomatis tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat. Lapangan kerja harus ditambah, event-event atau kegiatan diperbanyak, dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah [UMKM] diberi ruang dan kesempatan untuk mengembangkan lini usahanya,” urai dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Kabar Gembira Persis Solo, Irfan Jauhari Merumput Lagi setelah Absen Semusim

Kabar Gembira Persis Solo, Irfan Jauhari Merumput Lagi setelah Absen Semusim
author
Abu Nadzib Jumat, 29 Maret 2024 - 17:46 WIB
share
SOLOPOS.COM - Irfan Jauhari (kanan) melompat sambil mengepalkan tangannya setelah mencetak gol bagi Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2023 melawan Filipina di Kamboja, Sabtu (29/4/2023). (Twitter/@PSSI)

Solopos.com, SOLO — Kabar gembira untuk Persis Solo yang bertekad tampil maksimal di sisa laga Liga 1 musim ini demi mengejar posisi empat besar klasemen.

Dua pilar Persis, Irfan Jauhari dan Sutanto Tan, sudah mulai berlatih. Keduanya bahkan sudah bermain di laga uji coba beberapa waktu lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jika berada di posisi empat besar, Persis berpeluang untuk menjadi jawara Liga 1 2023/2024.

Laskar Sambernyawa terus menjaga kondisi fisik selama masa libur kompetisi hingga kompetisi kembali bergulir di bulan Ramadhan.

Koran Solopos

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (28/3/2024), pelatih fisik Felipe Chaves de Farias menyampaikan bahwa tim mencoba beradaptasi dengan sistem latihan malam hari selama bulan Ramadhan.

“Selama Ramadhan, kita punya tantangan karena harus mengganti perencanaan latihan yang sudah biasa diterapkan. Pemain diharuskan untuk tidak mengonsumsi makanan dalam waktu yang lama dan sedikit membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan sesi latihan malam hari,” ucapnya.

“Tetapi kita tetap menjaga intensitas latihan dengan baik agar pemain tidak kehilangan performanya,” tambahnya.

Emagazine Solopos

Felipe akan terus berupaya meningkatkan kondisi pemain menghadapi sisa 5 pertandingan di Regular Series.

“Kami coba untuk memfokuskan pemain pada lima pertandingan tersisa, agar mereka dapat terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Pasca melakoni latihan di malam hari, pemain harus tetap menjaga kondisi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup,” terangnya.

Jelang menghadapi RANS Nusantara pada pertandingan pekan ke-30 Liga 1 2023/2024, Laskar Sambernyawa akan mendapatkan amunisi tambahan pemain yang pulih dari masa cedera.

Interaktif Solopos

Irfan Jauhari dan Sutanto Tan sudah kembali bergabung bersama tim dan mulai kembali berlatih.

Irfan Jauhari absen hampir satu musim setelah cedera seusai mempersembahkan emas dalam SEA Games 2023 lalu.

“Irfan Jauhari sudah mengikuti prosedur dari Timnas untuk mengikuti tes di Jakarta. Ia berhasil menjalaninya dengan hasil yang baik, sehingga ia bisa kembali berlatih bersama tim. Sutanto Tan juga telah kembali bersama tim pascaoperasi di tulang pipinya,” ujar dokter tim, Iwan Wahyu Utomo.



Kedua pemain tersebut bahkan sudah diikutsertakan pada laga uji tanding kontra Persidikab Kabupaten Kediri, Sabtu (23/3/2024).

“Irfan Jauhari sudah dicoba untuk bermain selama 20 menit dengan hasil yang cukup bagus sedangkan Sutanto sudah kembali berlatih rutin dan turut diikutsertakan pada laga uji coba kemarin,” terangnya.

Perkembangan pemain muda Marcell Januar hingga saat ini sudah kembali berlatih di pinggir lapangan dan berlatih bersama tim fisioterapi Persis Solo.

“Untuk patah tulang yang dialami Marcell sudah kembali tersambung dan sekarang menjalani latihan di pinggir lapangan bersama tim fisio. Ia sudah kembali latihan lari dan menendang bola. Kemungkinan ia masih membutuhkan waktu dua bulan untuk bisa kembali bergabung bersama tim,” tutup Iwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories