[x] close
top ear
Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Freepik)

Update Covid-19 Karanganyar: Delapan Sembuh, tetapi Enam Orang Positif

Enam kasus baru positif Covid-19 di Karanganyar kebanyakan tenaga kesehatan.
Diterbitkan Jumat, 24/07/2020 - 23:40 WIB
oleh Solopos.com/Sri Sumi Handayani
3 menit baca

Solopos.com, KARANGANYAR—Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Karanganyar hingga Jumat (24/7/2020) menjadi 128 setelah ada tambahan enam kasus positif.

Data yang dihimpun Solopos.com dari akun resmi Instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, dari 128 kasus itu sebanyak 41 orang masih menjalani perawatan, 83 orang sudah dinyatakan sembuh, dan empat orang meninggal. Sebanyak 41 orang yang sedang menjalani perawatan itu terdiri atas 28 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan 13 orang menjalani isolasi mandiri.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar sekaligus Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menuturkan ada penambahan enam kasus pada Jumat. Selain penambahan enam kasus, Karanganyar juga mencatat delapan pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 dinyatakan sembuh.

Lewat Colomadu Enggak Pakai Masker? Siap-Siap Hafalkan Pancasila, Push Up, hingga Squat Jump

"Iya, enam pasien terkonfirmasi positif dan delapan orang dinyatakan sembuh. Rata-rata tenaga kesehatan [nakes]," ujar Juliyatmono saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Perincian tambahan enam kasus terkonfirmasi positif Covid-19, yakni Kecamatan Jumantono satu orang, Matesih satu orang, Jaten satu orang, Colomadu satu orang, dan Gondangrejo dua orang. Sebanyak tiga orang, yakni dua orang dari Kecamatan Gondangrejo dan satu orang dari Jaten berstatus tenaga kesehatan (nakes).

"Yang di Gondangrejo itu nakes di RSDM [Rumah Sakit Daerah Moewardi] dan Jaten dari Rumah Sakit Jiwa. Yang dari RSJ itu enggak ada riwayat perjalanan dan tidak ada gejala tertentu. Dia sudah menjalani isolasi mandiri di asrama yang disiapkan RSJ sejak 15 Juli. Sembari menunggu hasil swab test," tutur dia.

Covid-19 di Jateng Melonjak, Menkes Terawan Berkantor di Semarang

Pada Rabu (22/7/2020), naskes yang bekerja di RSJ itu menjalani isolasi mandiri di rumah. Hasil swab test diterima Dinkes Karanganyar pada Jumat.

 

Nakes Sembuh

Yuli, sapaan akrabnya, menyampaikan tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 lainnya, yaitu satu orang di Kecamatan Jumantono adalah kontak erat pemudik dari Kecamatan Jumapolo. Satu orang dari Kecamatan Matesih itu diduga terpapar Covid-19 karena memiliki penyakit bawaan dan rutin memeriksakan diri ke rumah sakit.

"Dia sakit DM [diabetes melitus] lama. Sudah punya riwayat sakit sejak 9 juli. Kontrol rutin ke rumah sakit. Kemungkinan terpapar dari rumah sakit karena dia bukan kontak erat. Satu lagi orang Colomadu itu dia dosen di PTN di Solo, UNS," tutur dia.

Sempat Bertemu Purnomo, Presiden Jokowi bakal Swab Lebih Cepat

Menurutnya pasien tersebut pernah menerima tamu dari luar kota dan bertemu nakes. Dari tambahan enam pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu, dua orang dari Kecamatan Jumantono dan Jaten menjalani isolasi mandiri di rumah karena tidak memiliki gejala. Empat orang lainnya menjalani perawatan di rumah sakit.

Di sisi lain, delapan orang dinyatakan sembuh dari Covid-19 Kabupaten Karanganyar. Perinciannya adalah enam orang berstatus nakes dan dua orang kontak erat nakes.

Berikut detail pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 dan dinyatakan sembuh, yaitu satu orang dari Kecamatan Jumantono, satu orang dari Karanganyar, dan tiga orang dari Jaten. Selain itu satu orang dari Colomadu, satu orang dari Gondangrejo, dan satu orang dari Kebakkramat.

Polda Jateng Terjunkan 15.295 Anggota Kawal Pilkada 2020

"Yang enam orang nakes, dua orang kontak erat nakes. Yg kontak erat itu tinggal di Jumantono dan Jaten. Enam orang nakes yang sembuh itu terdiri dari dua orang dari RSDM dan empat orang dari RSKI [Rumah Sakit Kasih Ibu]."


Editor : Profile Haryono Wahyudiyanto
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini