SOLOPOS.COM - Telaga Mangunan, Pegunungan Kendeng, Pekalongan (Sumber: Laman Resmi Pemprov Jawa Tengah, www.jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, Jawa Tengah (Jateng), melakukan penghijauan di kawasan Pegunungan Kendeng dengan menanam 5.000 bibit pohon. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah banjir bandang yang kerap melanda wilayah Pati.

“Ribuan bibit pohon penghijauan tersebut ditanam di kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan [KPH] Tambakromo Pati,” kata Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Kamis (15/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Turut serta dalam acara itu, Dandim 0718/Pati, Kapolsek Tambakromo, BPBD, OPD terkait, Camat Tambakromo, Gabus, Kayen dan Winong, TNI, Polri, Pemdes Karangawen, tokoh masyarakat, ormas serta Pramuka Kwaran Tambakromo.

Dari ribuan bibit tanaman tersebut, kata dia, ada pohon tanaman keras dan buah serta rumput vertifer. Sedangkan, penanaman bibit tanaman buah-buahan bertujuan agar ada nilai ekonomis yang bisa dimanfaatkan masyarakat, sehingga tidak ada upaya penebangan pohon.

Upaya penghijauan akan terus digalakkan, terutama di daerah yang seharusnya menjadi tangkapan air hujan. Sedangkan perawatan tanaman menjadi kewajiban bersama agar bibit tersebut bisa tumbuh hingga besar dan memberikan manfaat.

Baca juga: Alert! Banjir Bandang di Pati Akibat Pegunungan Kendeng yang Kian Tandus

“Akan tetapi karena berubahnya fungsi hutan yang ditumbuhi tanaman semusim. Akhirnya mengakibatkan banjir bandang di wilayah bawah,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, dia mengharapkan bisa memberi contoh masyarakat bahwa penghijauan di kawasan hutan yang gundul penting sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan penghijauan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya