SOLOPOS.COM - Tangkapan layar siaran langsung Upacara HUT ke-277 Kota Solo dilaksanakan di halaman Bali Kota Solo pada Kamis (17/2/2022). {Istimewa/YouTube batiksolotv)

Solopos.com, SOLO — Upacara HUT ke-277 Kota Solo yang diselenggarakan di halaman Balai Kota Solo pada Kamis (17/2/2022) dilaksanakan menggunakan Bahasa Jawa.

Upacara HUT Kota Solo mengusung tema Sesarengan Gumregah, Sesarengan Jumangkah. Upacara HUT Kota Solo juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Pemerintah Kota Solo, batiksolotv pukul 07.15 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : HUT Solo, 8 Kendaraan Perpustakaan Dispersip Diarak via Jalan Pujangga

Pantauan Solopos.com melalui kanal YouTube batiksolotv, upacara tidak hanya diikuti pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Upacara juga diikuti perwakilan pelajar Solo.

Sebelum upacara dimulai, terdengar suara petugas menyampaikan bahwa upacara kali itu akan dilaksanakan menggunakan Bahasa Jawa. “Kepada seluruh peserta upacara, terutama anak-anak sekolah bahwasanya upacara pagi ini menggunakan Bahasa Jawa,” kata petugas.

Baca Juga : Ternyata Begini Cerita Penetapan 17 Februari sebagai HUT Kota Solo

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan sejumlah aba-aba yang akan didengar selama upacara. Seperti, karti sampiko tandyo berarti hormat grak, sigek tandyo berarti tegak grak. Selain itu, lerem sahono tandyo berarti istirahat di tempat grak dan siogo tandyo berarti siap grak.

“Jadi nanti kalau ada aba-aba. Mohon perhatian, nyuwun kawigatosan. Lalu, istirahatnya tangan di [lipat] ke depan karena memakai pakaian [adat] Jawa,” jelasnya.

Baca Juga : Solo Dulu vs Sekarang: Prapatan Panggung Jebres Tetap Ramai

Upacara Hari Jadi Kota Solo dibuka dengan suguhan tarian dari Wayang Orang Sriwedari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya