SOLOPOS.COM - Tim Melati Paskibraka 2014 bertugas mengibarkan bendera Merah-Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-69 Tahun 2014 di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (17/8/2014). (Yayus Yuswoprihanto/JIBI/JIBI)

Solopos.com, KARANGANYAR– Upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Karanganyar akan digelar secara terbuka di Lapangan Alun-alun setempat.

Upacara digelar saat detik-detik proklamasi dan penurunan Bendera Merah Putih. Saat ini pasukan pengibar bendera terus digembleng latihan baris bebaris oleh Kodim Karanganyar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Setiap tahun Karanganyar upacaranya terbuka di lapangan itu [Alun-alun Karanganyar]. Jadi tetap ada upacara terbuka,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono sekaligus memastikan bahwa upacara 17 Agustus dilaksanakan terbuka di Alun-alun Karanganyar kepada Solopos.com, Selasa (9/8/2022).

Sebelumnya Kementerian Sekretaris Negara (Mensesneg) mengeluarkan surat edaran kepada kepala daerah dan jajaran Forkopimda untuk mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi dan penurunan Sang Saka Merah Putih secara daring. Upacara dipusatkan di Istana Negara.

Baca Juga: Gelar Festival Agustus Merdeka, Pemkab Wonogiri Siapkan Rp400 juta

“Karanganyar tetap ada peringatan upacara detik-detik proklamasi di Alun-alun,” katanya.

Dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pemkab Karanganyar juga bakal menggelar berbagai kegiatan. Setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19, perhelatan akbar pesta rakyat memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan dilaksanakan.

Selain konser musik juga bakal digelar pawai pembangunan yang dikemas dalam karnaval budaya. Panitia Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI sekaligus Asisten II Pemkab Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan dimulai dari sidang paripurna di DPRD, tirakatan, renungan suci pada 16 Agustus. Kemudian tepat 17 Agustus, dilaksanakan upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan.

“Itu semua agenda rutin 17 Agustusan. Untuk giat tambahan juga akan kita gelar,” kata dia.

Baca Juga: Kemerdekaan dan Futurologi Pembangunan

Agenda tambahan yang menjadi rangkaian kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan adalah pesta rakyat berupa pawai pembangunan hingga konser musik.

Pawai pembangunan bertajuk karnaval budaya akan dihelat pada 18 Agustus. Peserta karnaval budaya diikuti seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), BUMD dan instansi pemerintah lain.

Pemkab juga membuka peserta karnaval budaya dari masyarakat Karanganyar. Hanya Pemkab akan menyeleksi peserta karnaval budaya tersebut.

“Untuk masyarakat umum akan kita seleksi dulu. Mereka bisa mendaftarkan dan jika lolos seleksi akan mendapatkan nomor urut untuk penampilannya,” katanya.

Baca Juga: Keris Presiden Jokowi akan Dikirab di Kota Solo, Warga Boleh Ikut

Kegiatan karnaval budaya akan dilaksanakan pada siang hingga sore hari. Dengan rute karnaval budaya dari Alun-alun Karanganyar ke Pendapa Rumah Dinas (Rumdin) Bupati.

Selain karnaval budaya juga digelar konser musik Gebyar Merdeka di Alun-alun Karanganyar pada 19 Agustus malam.

Pemkab mengundang artis dangdut pasangan suami istri Nella Kharisma dan Dory Harsa. Nella Kharisma akan menggoyang penonton di malam itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya