UNS Solo Siap Pecahkan Rekor Muri Shuttlecock Juggling dengan 8.000 Peserta
Solopos.com|pendidikan

UNS Solo Siap Pecahkan Rekor Muri Shuttlecock Juggling dengan 8.000 Peserta

Kampus di Solo UNS menggelar serangkaian acara program kenal kampus bagi mahasiswa baru (PKKBM) 2016/2017.

Solopos.com, SOLO - Serangkaian acara Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru (PKKBM) Tahun Akademik 2016/2017 di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang digelar mulai Kamis (18/8/2016), akan ditutup Minggu (21/8/2016) ini.

Di hari terakhir PKKBM tersebut, akan diisi antara lain dengan penyelenggaraan UNS Student Vaganza dan pemecahan rekor Museum Republik Indonesia (MURI) dengan aksi Shuttlecock Juggling dengan peserta terbanyak.

UNS akan menghadirkan peserta Shuttlecock Juggling sebanyak 8.000 orang yang terdiri atas mahasiswa, para atlet bulu tangkis dari klub-klub bulu tangkis di wilayah Solo dan sekitarnya, serta kalangan pelajar sekolah.

Beberapa atlet bulu tangkis legendaris Indonesia juga dijadwalkan akan menghadiri acara yang dijadwalkan pada pukul 13.30 WIB ini, yaitu Ricky Subagja, Hariyanto Arbi, Luluk Hardiyanto, dan Chandra Wijaya.

Wakil Rektor (WR) III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) UNS Solo, Darsono, mengemukakan, PKKMB merupakan regenerasi dari Orientasi Mahasiswa Baru (Osmaru) yang telah berlangsung tahun-tahun sebelumnya.

“PKKMB UNS tahun ini menekankan pada cinta almamater,” jelas Darsono ketika diwawancarai wartawan di Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS Solo, Sabtu (20/8/2016).

Darsono mengemukakan, perubahan tersebut mengacu dari Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) No. 25/2014 Tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru.

Penekanan cinta almamater, menurut Darsono, sesuai tema PKKMB 2016, yaitu Meningkatkan Rasa Cinta Almamater, Tanah Air, dan Bangsa dalam Semangat Juang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tahun ini PKKMB UNS memiliki nama yaitu ACTIVE, yang merupakan budaya kerja atau norma, nilai, dan panduan bagi setiap insan kampus di UNS bersama-sama melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing untuk mencapai visi misi UNS ke depannya.

“PKKMB UNS 2016 ini menghadirkan suatu gebrakan baru bagi acara pengenalan kampus UNS. Hari pertama diisi upacara pembukaan dan kuliah umum. Serta ada rangkaian acara UNS Student Vaganza pada penutupan rangkaian acara PKKMB yang digelar Minggu, yakni pemecahan rekor MURI Shuttlecock Juggling,” terangnya.

Acara tersebut, lanjut dia, didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan dimeriahkan atlet bulu tangkis legendaris Indonesia seperti Ricky Subagja, Hariyanto Arbi, dan lainnya.

Koordinator Bidang Olahraga PPKBM UNS, Sapta Kunta Purnama, menambahkan, Shuttlecock Juggling massal akan diikuti segenap civitas akademika UNS, termasuk mahasiswa, juga para atlet bulu tangkis dari berbagai klub bulu tangkis di Solo dan sekitarnya, serta kalangan pelajar sekolah, dengan jumlah peserta sebanyak 8.000 orang.

Pemecahan rekor MURI tersebut akan diawali dengan tutorial oleh para atlet bulu tangkis legendaris Indonesia, yaitu Ricky Subagja, Hariyanto Arbi, Luluk Hardiyanto, dan Chandra Wijaya.

“Setelah tutorial oleh para atlet bulu tangkis tersebut, dilanjutkan dengan pemecahan rekor MURI Shuttlecock Juggling oleh para peserta dengan jumlah sekitar 8.000 orang. Shuttlecock Juggling ini akan dilakukan sebanyak 71 kali pukul, karena ini juga masih dalam suasana peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan Indonesia,” terang Kunta, ketika dimintai informasi secara terpisah.

Acara itu juga akan dihadiri segenap pimpinan UNS, Pengurus Cabang Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Solo, Ketua Klub PMS, ketua-ketua klub bulu tangkis. Dijadwalkan akan hadir pula jajaran pejabat dari Deputi Pengelolaan Pembudayaan Olahraga Kemenpora dan asisten-asisten deputinya (asdep), antara lain Asdep Pengelolaan Olahraga Pendidikan dan Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus.

Di samping itu, juga ada tutorial dari jajaran Kemenpora, salah satunya tutorial Ayo Bergerak dengan senam dan sebagainya.
Darsono mengimbuhkan, dalam serangkaian acara PKKMB UNS itu, juga dilaksanakan Green Campus untuk mendukung UNS sebagai kampus yang ramah lingkungan.

Mahasiswa baru akan membersihkan lingkungan sekitar fakultas kampus dan akan mendapatkan materi-materi tentang lingkungan dan cara menjaga lingkungan terlebih lingkungan di dalam kampus.

“Dengan adanya serangkaian acara PKKMB UNS 2016 ini, diharapkan semakin menumbuhkan kecintaan mahasiswa baru terhadap kampus dan menumbuhkan semangat membangun negeri agar mahasiswa baru nantinya bisa menjadi orang-orang yang membanggakan almamater serta Indonesia,” tandas Darsono.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago