SOLOPOS.COM - Kampus UNS Solo. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO — Dampak dari pandemi Covid-19, Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo akan menggelar wisuda secara online. Rencanannya, wisuda periode II 2020 tersebut diselenggarakan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, yakni 2 Mei 2020.

Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho mengatakan wisuda merupakan momentum yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Oleh karena itu, UNS Solo akan tetap melaksanakan wisuda tetapi secara online atau daring.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Round Up Covid-19 Sragen: 31 Positif, Klaster Gowa Belum Dimasukkan Daftar Konfirmasi

“Wisuda online ini sebuah terobosan yang dilakukan karena wisuda offline tidak bisa dilaksanakan. Akibat pemberlakukan social distancing, tidak boleh berkumpul dan mengadakan acara-acara,” jelas Jamal dalam keterangan tertulisnya di situs resmi UNS, Rabu (22/4/2020).

Bagi mahasiswa UNS yang ingin mengikuti wisuda online bisa melakukan pendaftaran ke pihak kampus hingga Sabtu (25/4/2020).

Mudik Dilarang, Purnomo: Harus Ada Jaminan Kelangsungan Hidup Bagi Perantau!

“Agenda ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu mahasiswa pada jenjang berikutnya. Karena ijazah ini penting dimiliki oleh mahasiswa untuk mendaftarkan pekerjaan dan untuk keperluan lain disaat seperti ini," imbuhnya.

Tata Cara Wisuda Online

Nantinya, wisuda online akan dihadiri oleh rektor beserta jajarannya. Kemudian, mahasiswa yang mengikuti wisuda online ini harus mengakses situs yang telah disediakan pihak kampus.

Untuk pemindahan tali pada toga sebagai tanda lulusnya mahasiswa, perannya bisa digantikan oleh orang tua mahasiswa.

Mudik Dilarang, Purnomo: Harus Ada Jaminan Kelangsungan Hidup Bagi Perantau!

Selain wisuda online, UNS Solo juga menerapkan ujian skripsi berbasis online.

Penerapan sidang skripsi online untuk mahasiswa ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Dekan Nomor 1232/UN27.005/KP/2020.

1.500 Ekor Ayam Peternak Boyolali Diborong Charoen Pokphand, Segini Harganya

Bagi Kusumaningdyah Nurul Handayani, dosen Arsitektur UNS, ujian skripsi online ini merupakan hal yang baru dilakukan di lingkungan kampusnya, termasuk oleh dosen maupun mahasiswa.

"Tentu saja ini menjadi sesuatu yang baru bagi semuanya. Kami berharap badai Covid-188 cepat berlalu dan dapat melakukan ujian secara tatap muka langsung," jelasnya sebagaimana diinformasikan Solopos.com sebelumnya.

Kocak! Macak Jadi Tuyul, Pria Pajang Solo Bangunin Warga Sahur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya