SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kontes Nasional Kapal Cepat Tak Berawak di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, Sabtu (7/11/2020). (Antara-Ari Bowo Sucipto)

Solopos.com, SOLO — Tim Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Universitas Sebelas Maret alias UNS Solo meraih tujuh penghargaan pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2020.

Kontes itu digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Kamis-Sabtu (5-7/11/2020). KKCTBN 2020 yang digelar Kemendikbud di UNN itu mengusung tema kapal untuk penanganan Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Film Kimutse No Yaiba Bangkitkan Bisnis Bioskop Jepang

General Manager Bengawan UV UNS, Annas Isman Saputro mengatakan Bengawan UV UNS menduduki juara I Fun Race Elektrik, juara II Poster Autonomous, juara Best Prototipe Kapal Autonomous, juara Best Design Kapal Autonomous, juara I Kontes Performa Elektrik ERC, juara Best Desain Kapal Gasoline, dan juara I Kontes Performa Kapal Gasoline FERC.

“Dalam kesempatan itu Bengawan UV mengirimkan tiga tim untuk kategori prototype, yaitu Antares BUV untuk subkategori Autonomous Surface Vehicle (ASV ), Maheswari Udadi untuk sub kategori Fuel Engine Remote Control (FERC) dan El-Moana untuk subkategori Electric Remote Control (ERC),” ujarnya Selasa (10/11/2020).

Diikuti 30 Tim

Ia menambahkan, total tim yang ikut serta pada tahap awal KKCTBN adalah 30 tim untuk tiap kategori. Kemudian yang lolos pada tahap final kategori prototype hanya lima tim tiap subkategori.

Hanya ada tiga perguruan tinggi yang mampu lolos ke tahap final untuk semua subkategori di prototype, salah satunya adalah UNS yang diwakili tim Bengawan UV UNS.

Orang Dewasa Kebal 6 Bulan Setelah Infeksi Covid-19

Pengembangan wahana untuk KKCTBN bagi tim Bengawan UV adalah sekitar empat bulan dan sempat terkendala pandemi Covid-19. Keterbatasan itu tak menghalangi kretaivitas.

“Walaupun mengalami beberapa kendala, tim Bengawan UV UNS berhasil membuktikan bahwa mereka mampu untuk menaklukkan semua itu. Ini merupakan hadiah manis bagi UNS menjelang akhir tahun 2020 ini,” ujar Annas. (*)

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya