UNS Kerja Sama Dengan CRUA Panama, Ini Yang Didapatkan

Kedua belah pihak sepakat untuk memformalisasi kerja sama melalui kesepakatan yang dituangkan ke dalam Letter of Collaboration (LoC).
UNS Kerja Sama Dengan CRUA Panama, Ini Yang Didapatkan

Solopos.com, SOLO – Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menandatangani Letter of Collaboration (LoC) dengan Fakultas Arsitektur dan Desain Universidad de Panama Centro Regional Universitario de Azuero (CRUA), Rabu (19/5/2021).

Penandatanganan LoC bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Panama City. Naskah LoC ditandatangani secara terpisah. Perwakilan dari CRUA menandatangani LoC terlebih dulu disaksikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Indonesia untuk Panama Sukmo Harsono.

Acara penandatanganan LoC dihadiri langsung oleh Direktur CRUA Leonardo Collado Trejos dengan didampingi Koordinator Fakultas Arsitektur dan Desain CRUA Tomas Correa.

Sedangkan Dekan FT UNS, Dr. Techn. Ir. Sholihin As'ad bersama Kepala Program Studi (Prodi) S-2 Arsitektur FT UNS, Dr. Ars. Avi Marlina. Kemudian Kepala Prodi S-1 Arsitektur FT UNS, Dr. Untung J. Cahyono, Kepala Laboratorium URDC Labo, Dr. Eng Kusumaningdyah N. H. Juga perwakilan dosen Prodi S-2 Arsitektur FT UNS, Dr. Hardiyati mengikuti acara penandatanganan melalui Zoom Meeting.

Baca juga: Teknik Sipil UNS Membahas Lokasi Ibu Kota Negara, Aman dari Gempa?

Kedua belah pihak sepakat untuk memformalisasi kerja sama melalui kesepakatan yang dituangkan ke dalam LoC. Draf awal LoC disampaikan oleh UNS dan kemudian disepakati oleh CRUA untuk durasi selama lima tahun.

Hal-hal yang disepakati antara FT UNS dengan Fakultas Arsitektur dan Desain CRUA meliputi program kuliah tamu. Kemudian pertukaran materi pendidikan, penelitian, publikasi, dan kolaborasi proyek penelitian.

Dekan FT UNS, Sholihin As'ad mengatakan pihaknya akan berusaha keras mewujudkan dan memperkuat kerja sama dengan CRUA dengan dukungan dari KBRI Panama City.

“Panama bisa menjadi titik awal untuk menjangkau negara lain di wilayah Amerika Tengah dan Amerika Latin,” ujar Dekan FT UNS Sholihin As'ad.

Baca juga: Cek Lur! Ini Formasi CPNS dan P3K se-Soloraya, Mana Paling Banyak?

Titik Awal

Lebih lanjut, ia mengharapkan kedua belah pihak dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang keilmuan untuk memecahkan permasalahan yang ada.

“Kami berharap Prodi Arsitektur menjadi titik awal. Juga berharap bisa mengembangkan kerja sama bidang keteknikan yang lain. Juga di luar bidang teknik,” ungkapnya.

Kerja sama antara UNS dengan CRUA merupakan bentuk tindak lanjut dari dukungan yang diberikan KBRI Panama City sejak akhir Desember 2020 yang lalu.

Baca juga: UNS Jawametrik 2021: UNS Peringkat Satu, UI dan UGM Sepuluh Besar

Sukmo Harsono mengatakan penjajakan kerja sama telah dilakukan secara daring. Ia juga mengungkapkan harapannya agar kerja sama tersebut dapat meningkat kedepannya.

“Penandatanganan perjanjian kerja sama ini sangat special. Karena ini perjanjian antaruniversitas yang pertama kalinya sejak saya bertugas sebagai Duta Besar untuk Panama akhir 2020. Saya harap kerja sama ini ada saling kunjung dari pihak Panama ke Indonesia maupun sebaliknya. Serta kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan people-to-people contact,” ujar Sukmo Harsono.

Penandatanganan LoC antara FT UNS dengan Fakultas Arsitektur dan Desain CRUA merupakan bentuk keseriusan di antara keduanya. Sebelum LoC ditandatangani, kedua belah pihak telah beberapa kali mengadakan kegiatan secara daring.

Seperti kuliah tamu pada 15 April 2021 oleh dosen Fakultas Arsitektur dan Desain CRUA, Tomas Correa. Kemudian pada 28 April 2021 oleh Dosen FT UNS, Kusumaningdyah Nurul.

 

 


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago