UNS Fintech Center Gelar Capacity Building Pelaksana Pengelolaan Keuangan Daerah

UNS Fintech Center memberikan edukasi bagi pegawai pemerintah Kota Salatiga di bidang kesehatan seperti pengelola Puskesmas, lalu mahasiswa dan masyarakat.
UNS Fintech Center Gelar Capacity Building Pelaksana Pengelolaan Keuangan Daerah

Solopos.com, SOLO-- Center for Fintech and Banking Universitas Sebelas Maret (UNS Fintech Center) memberikan edukasi bagi pegawai pemerintah Kota Salatiga di bidang kesehatan seperti pengelola Puskesmas, lalu mahasiswa dan masyarakat.

Mengusung tema “Capacity Building Pelaksana Pengelolaan Keuangan Daerah secara Digital”, kegiatan pengabdian masyarakat ini digelar secara luring dengan protokol kesehatan ketat pada Kamis (10/6/2021).

Pada kesempatan ini hadir Kepala UNS Fintech Center, Irwan Trinugroho, Ph.D yang menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara. Adapun materi disampaikan oleh Dr. Aldy Fariz Achsanta, Sutaryo, SE., MSI., AK., CA., CRA., CRP., dan Dr. Taufiq Arifin, M.Sc., CA, Ak, CRA.

Membuka sesi materi, Aldy Fariz Achsanta membahas perihal New Normal of Financial Literacy. Yakni sebuah pendekatan baru dalam meningkatkan literasi keuangan pada masa pandemi.

Baca Juga: Mulai Besok, Seluruh Mal dan Pusat Perbelanjaan Buka Maksimal Jam 8 Malam!

Analisis Laporan Keuangan

Sementara itu, dua pemateri berikutnya sama-sama mengulik keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BULD). Sutaryo memberi materi tentang artikulasi laporan keuangan BLUD Puskesmas. Baik dalam aspek akuntabilitas dan transparansi, serta terkait dengan Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa tujuan laporan keuangan BLUD antara lain untuk menyajikan informasi bagi pengguna dalam menilai akuntabilitas dan membuat berbagai keputusan ekonomi, sosial, maupun politik.

“Selain itu, artikulasi laporan keuangan juga dipaparkan berdasarkan manfaat dan antar jenis laporan keuangan seperti neraca dan lain-lain,” jelasnya.

Baca Juga: Biar Enggak Rugi, Kapan Waktu yang Tepat Beli Properti?

Sementara itu, Taufiq Arifin menjabarkan analisis laporan keuangan BLUD Puskesmas. Materi ini berupa pembedahan laporan keuangan BLUD Puskesmas mulai dari catatan atas laporan keuangan, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan SAL, neraca, laporan operasional, dan laporan realisasi anggaran.

Tidak hanya itu, penyampaian materi dilengkapi pula dengan contoh-contoh kasus dan perumusan masalah yang dapat membuat gambaran secara riil kepada hadirin. Termasuk penggunaan model digital dalam pelaporan keuangan di sektor publik, terutama di bidang layanan kesehatan.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago