[x] close
UNS di Sepuluh Besar
Solopos.com|kolom

UNS di Sepuluh Besar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 10 Maret 2021. Esai ini karya Tundjung W. Sutirto, dosen di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Solo.

Solopos.com, SOLO -- Tanggal 11 Maret 2021 lalu Universitas Sebelas Maret (UNS) genap berusia 45 tahun. Tiga status pengelolaan sudah dilalui mulai dari perguruan tinggi satuan kerja (satker) pada 1976-2009. Pada 2010-2019 menjadi perguruan tinggi badan layanan umum (PTN-BLU) dan sejak 2020 menjadi peguruan tinggi berbadan hukum (PTNBH).

Dengan menjadi PTNBH berarti  UNS sudah diakui sebagai univeritas yang mandiri. Dengan kemandirian itu berarti UNS benar-benar sudah dewasa. Sebagaimana usia dewasa pada manusia yang berarti secara fisik dan sosial dapat dikatakan lengkap, sehat, dan tentu unggul.

Dalam dasawarsa terakhir UNS telah melakukan akselerasi pengembangan kapasitas kelembagaan akademis sehingga mampu menembus deretan 10 besar perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang unggul.

Peringkat Terbaik

Pengakuan tiga lembaga pemeringkat internasional seperti Webometrics, 4 International Colleges and Universities (4ICU), dan UI Green Metric telah memasukkan UNS dalam 10 besar universitas terbaik di Indonesia.

Pengumuman lembaga Webometrics pada awal 2021 menempatkan UNS  di peringkat ke-8 sebagai universitas terbaik di Indonesia berdasar penilaian website. Penilaian Webometrics yang diinisiasi oleh sebuah lembaga riset besar di Spanyol itu menilai berdasar pada beberapa indikator.

Indikator itu antara lain visibility, yaitu jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke halaman web institusi. Kemudian, openness yang diukur dari jumlah file berbagai jenis yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Indikator excellence dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas academica universitas.

Peringkat ke-8 terbaik di Indonesia versi Webometrics itu menunjukkan UNS telah memiliki website yang mencerminkan aktivitas secara akurat. UNS dinilai memiliki akses terbuka dan kebijakan transparansi, mempromosikan peningkatan substansial dalam volume dan kualitas publikasi elektronik.

Sepuluh perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi 4ICU UniRank edisi 2021 didalamnya ada UNS di peringkat ke-8 dari 557 perguruan tinggi yang memenuhi kriteria penilaian.  Pemeringkatan versi 4International Colleges and Universities adalah mesin pencari dan direktori pendidikan tinggi internasional yang meninjau universitas dan kolese terakreditasi di dunia.

Ini mencakup 11.000 universitas dan kolese di dunia. Peringkat berdasarkan popularitas website di 200 negara. Hampir sama dengan Webometrics, 4ICU juga menilai berdasarkan perfoma website universitas.

Ramah Lingkungan

Berdasar lembaga pemeringkatan UI GreenMetrics, UNS termasuk 10 besar kampus terbaik di Indonesia untuk wawasan kampus yang ramah lingkungan (greencampus). Pemeringkatan UI GreenMetrics tahun 2020 menempatkan UNS di urutan ke-7 untuk tingkat nasional dan urutan ke-96 untuk tingkat dunia sebagai kampus yang berkelanjutan.

Pemeringkatan UI GreenMetrics diinisiasi oleh Universitas Indonesia. Sejak tahun 2018 lebih dari 700  perguruan tinggi dari 81 negara di dunia ikut berpartisipasi dalam UI GreenMetrics ini. Gerakan Green Campus UNS dicanangkan kali pertama pada 6 maret 2013 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pada tahun 2013 UNS kali pertama masuk dalam pemeringkatan UI Green Metric dengan peringkat ke-134 dunia dan peringkat ke-8 Indonesia.  Pada tahun 2015 UNS ditetapkan sebagai salah satu dari lima universitas pilot project green campus bersama Universiats Pattimura Maluku, Universias Hasanudin Makassar, Universiats Mataram, dan Universitas Cendrawasih.

Predikat 10 besar terbaik kampus di Indonesia yang menerapkan konsep kampus ramah lingkungan menjadikan UNS sangat layak untuk role models pembangunan entitas pendidikan tinggi yang visinya adalah keberlanjutan.

Diharapkan para lulusan UNS menjadi insan yang visioner terhadap pembangunan lingkungan hidup karena dididik di kampus yang punya komitmen tinggi terhadap keberlanjutan lingkungan hidup.

Diminati

UNS dalam 10 tahun terakir masuk 10 besar sebagai kampus yang paling banyak diminati oleh para lulusan SMA untuk melanjutkan studi. Data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menunjukkan bahwa melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 menempatkan UNS pada peringkat ke-5 sebagai kampus yang banyak diminati dari 85 perguruan tinggi negeri di Indonesia yang tergabung dalam SBMPTN.

Melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 menunjukkan bahwa UNS termasuk 10 besar kampus terfavorit diminati oleh anak-anak lulusan SMA. Dengan berada di peringkat ke-7 dalam SNMPTN 2020 sebagai kampus terfavorit menjadi bukti bahwa minat untuk kuliah di UNS sangat tinggi.

Dengan peringkat UNS di 10 besar sebagai PTN terbaik yang lokasinya di Jawa Tengah bagian tenggara ini  tentu memberikan aksesibilitas peran dan fungsi UNS bagi masyarakat dan pemerintah daerah di wilayah itu.

Terutama adalah akses terhadap kerja sama kelembagaan yang strategis dan saling menguntungkan. Pemerintah daerah masih perlu memaksimalkan kerja sama dengan UNS. Status UNS sebagai PTNBH akan lebih memudahkan jalinan kerja sama karena secara birokrasi lebih leluasa dibanding saat masih BLU dulu.

Misalnya, kebijakan UNS terhadap hilirisasi riset, inkubator bisnis teknologi, berbagai pusat studi dan kajian, sumber daya manusia yang sangat memadai adalah beberapa dari kapasitas kelembagaan yang dapat diakses oleh pemerintah daerah untuk bersama-sama memajukan daerah tempat UNS berada.

Pengakuan reputasi UNS sudah mendunia. Ambil contoh UNS dengan Javanoligi Institute telah diakui sebagai Rumah Budaya Diaspora Jawa Dunia. Banyak orang Jawa di luar negeri yang mengapresiasi UNS untuk mengembangkan budaya Jawa.

Contoh lain adalah para pakar teknologi pangan UNS mengembangkan rekayasa pangan untuk mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDG) kedua, yaitu zero hunger. Jadi, UNS secara kelembagaan sudah berada di “jalan yang benar”. Tinggal masyarakat dan pemerintah serta swasta mengakses UNS untuk bersinergi membangun masyarakat yang sejahtera. Selamat Dies Natalis ke-45 untuk UNS. Proficiat  UNS…!


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago