SOLOPOS.COM - Program studi (Prodi) Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran UNS Solo. (Solopos.com-Humas UNS)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka Program Studi (Prodi) baru yaitu Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan (S1 Kebidanan bundling Profesi Bidan) . Pendirian Prodi di Fakultas Kedokteran (FK) UNS ini sesuai Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor 48/UN27/HK/2022 tertanggal 13 Januari 2022.

Humas Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan FK UNS, Nurul Jannatul Wahidah mengatakan, Prodi ini merupakan pengembangan Prodi yang dulunya D4 Kebidanan. Sejak 2021, D4 Kebidanan Fakultas Kedokteran UNS sudah tidak menerima mahasiswa baru dan pada 2022 ini resmi menjadi Sarjana Kebidanan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada tahap sarjana ditempuh selama 8 semester dengan beban 147 SKS mendapat gelar S.Keb. Dan tahap profesi ditempuh dalam 2 semester dengan beban 36 SKS dengan gelar, Bd,” jelas Nurul, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Akademi Komunitas Negeri Pacitan Belajar Kehumasan ke UNS Solo

Ekspedisi Mudik 2024

Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan mempunyai visi menjadi institusi pendidikan kebidanan bereputasi internasional. Menghasilkan lulusan sarjana dan profesi bidan yang kompeten, unggul dalam pemanfaatan teknologi pada lingkup kesehatan ibu dan anak berbasis komunitas.

Visi ini juga tertuang pada misi Prodi yaitu menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan sarjana dan profesi bidan yang kompeten dan unggul di bidang pemanfaatan teknologi lingkup kesehatan ibu dan anak berbasis komunitas.

Lalu mengembangkan penelitian di lingkup kesehatan ibu dan anak berbasis komunitas. Kemudian menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang bersinergi dengan multidisiplin ilmu di lingkup kesehatan ibu dan anak berbasis komunitas.

Baca juga: Solo Smart City, Gibran: Orang Masuk Pasar Tak Perlu Bawa Uang Tunai

Menyelenggarakan tata kelola Prodi yang berkualitas berbasis good governance serta menyelenggarakan kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan institusi dalam dan luar negeri.

“Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan mulai menerima mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2022/2023,” imbuhnya.

Kemudian untuk jalur seleksi masuk Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan ini dapat melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri UNS. “Untuk informasi terkait pendaftaran dapat di akses di laman SPMB UNS,” ujar Nurul.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya