UNS Bangun Menara 11 Lantai di Eks Rumah Rektor
Solopos.com|pendidikan

UNS Bangun Menara 11 Lantai di Eks Rumah Rektor

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo membangun menara berketinggian 11 lantai di lahan eks rumah dinas rektor UNS yang selesai akhir 2021.

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo membangun menara berketinggian 11 lantai. Rencananya, menara yang berlokasi di lahan eks rumah dinas rektor UNS itu selesai pada akhir tahun 2021 ini.

Bangunan yang dinamai Tower UNS atau Menara UNS ini akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan kantor di UNS seperti Career Develompet Center (CDC), serta fasilitas/sentra bisnis yang disewakan untuk umum. Selain itu, bangunan yang terletak sebelah barat gapura bulevar UNS juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung hotel UNS Inn yang saat ini berdiri di sisi utara (calon) Menara UNS.

Fasilitas itu antara lain kolam renang dan sentra olah raga. Antara menara dengan UNS Inn tersebut akan dibuat akses untuk mempermudah mobilitas pengunjung kedua gedung tersebut. Di puncak Gedung Menara UNS akan ditancapkan menara untuk keperluan Information Communication Technology (ICT).

Baca Juga: Menhan Pertanyakan Kejujuran Penyingkap Mafia Alutsista

Sementara itu, rumah dinas rektor UNS akan menempati satu lantai di Menara UNS tersebut. Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan, pembangunan menara itu merupakan optimalisasi aset UNS yang dinilai kurang produktif.

“Ini optimalisasi aset di lahan rumah dinas yang sudah 18 tahun. Setelah dilakukan berbagai pertimbangan kami memutuskan untuk membangun tower di sana. Apalagi lokasinya juga strategis di depan [UNS] dan di pinggir jalan [Jl Ir. Sutami],” ujarnya di sela-sela acara peletakan batu pertama pembangunan menara tersebut, Jumat (28/5/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa menara berdiri pada lahan seluas sekitar 5.000 meter persegi dengan ketinggian total 76 meter. “Bentuknya nanti dua bangunan yang membentuk angka 11 yang berarti 11 Maret dan tingginya total 76 [termasuk menara ICT] yang melambangkan tahun kelahiran UNS. Ornamen utama menara adalah budaya Jawa,” imbuh Jamal.

Biaya Rp131 M

Menurutnya, pembangunan menara ini akan menelan dana sekitar Rp131 miliar dan melibatkan PT Pembangunan Perumahan, PT Virama Karya, dan PT Pandu Persada. Direncanakan, pembangunan akan selesai akhir tahun. “Targetnya 31 Desember [2021]. Insya Allah bisa selesai karena dikerjakan oleh pengembang yang bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Wikan Sakarinto mengatakan pembangunan Menara UNS merupakan lambang lompatan kampus tersebut. “Ini baik sekali dan ini adalah bukti lompatan yang dilakukan UNS,” ujar Wikan yang juga hadir memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Sementara itu, rumah dinas rektor UNS sudah dirobohkan sejak beberapa waktu lalu. Saat ini lahan sudah mulai digali dengan sejumlah alat berat.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago