Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

UNS Adakan Aneka Pelatihan di Sentra Pisang Jenawi Karanganyar

Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan serangkaian kegiatan pelatihan untuk menunjang pengembangan sentra pisang di Jenawi Karanganyar.
SHARE
UNS Adakan Aneka Pelatihan di Sentra Pisang Jenawi Karanganyar
SOLOPOS.COM - Fakultas Pertanian (FP) UNS menyelenggarakan serangkaian pelatihan untuk menunjang pengembangan sentra pisang di Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (25/6/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan serangkaian kegiatan pelatihan untuk menunjang pengembangan sentra pisang di Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (25/6).

Kegiatan bertajuk “Pisang Bersemi di Jenawi Bersama UNS BISA” dilakukan melalui Program Kemitraan Masyarakat UNS (PKM-UNS). Tim PKM UNS  terdiri atas Dr. Sugihardjo, Dr. Eny Lestari dan Dr. Agung Wibowo.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Jenawi Sunarto SP di Balai Desa Menjing, Kecamatan Jenawi, Karanganyar.

Baca Juga: FP UNS Bahas Model Ketahanan Pangan Bersama Birokrat dan Pengusaha

Dalam kegiatan tersebut, PKM UNS memberikan bantuan mesin perajang dan peniris kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Wijaya Kusuma Jenawi. Mesin itu untuk meningkatkan efisiensi produk olahan pisang yang selama ini hanya dilakukan secara manual.

Penyerahan kedua mesin dilakukan oleh Ketua PKM UNS Dr. Sugihardjo dan diterima Lia Wuryandriyani sebagai ketua KWT Wijaya Kusuma Jenawi.

Guna mengembangkan diversifikasi produk olahan pisang, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelatihan aneka pengolahan pisang dengan berbagai jenis roti. Pelatihan olahan pisang menghadirkan Sudrajat, salah seorang pengusaha kuliner dan praktisi di bidang olahan  pisang.

Baca Juga: Mentan-Menparekraf Bicara Bisnis Pertanian & Agroecotourism di FP UNS

Salah seorang Tim PKM UNS Dr. Agung Wibowo mengatakan pengusaha kuliner dihadirkan untuk menjalin relasi dan kerja sama dalam pemasaran olahan pisang.

“Di samping itu untuk memperluas segmen pasar, pelaku UMKM olahan pisang juga diajari digital marketing oleh Hanif Fakhri Suryono, mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian UNS  yang membantu Tim PKM,” ujar Agung kepada Solopos.com, Senin (27/6/2022).

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode