SOLOPOS.COM - Prosesi pengukuhan dua guru besar di Gedung Auditorium Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo, Minggu (12/12/2021). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengukuhkan dua guru besar dalam sidang senat terbuka. Pencapaian ini mengantar Univet Bantara Sukoharjo masuk lima besar perguruan tinggi di Jawa Tengah.

Acara pengukuhan dua guru besar itu dilaksanakan di gedung auditorium kampus setempat, Minggu (12/12/2021). Kedua guru besar yang mencetak momen bersejarah itu yakni Farida Nugrahani sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia dan Herry Agus Susanto sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika. Agenda sakral itu dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendididikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VI Jawa Tengah, Muhammad Zainuri serta para stakeholder pendidikan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Baca Juga: Mahasiswa KKN Univet Bantara Ubah Kemasan Jamu Tradisional Jadi Kekinian

Kepala LL Dikti Wilayah VI Jawa Tengah, Muhammad Zainuri, mengatakan pengukuhan dua guru besar itu membuktikan tata kelola yayasan dan kontribusi Univet Bantara Sukoharjo terhadap pembangunan dan pemerataan sumber daya manusia (SDM). “Univet Bantara Sukoharjo masuk lima besar perguruan tinggi di Jawa Tengah. Ini catatan yang patut diapresiasi pada 2021,” kata dia, Minggu.

Zainuri menyebut pengukuhan dua guru besar merupakan langkah progresif Univet Bantara Sukoharjo sebagai perguruan tinggi swasta. Pengembangan SDM tak bisa hanya bertumpu pada perguruan tinggi negeri melainkan perguruan tinggi swasta (PTS).

Di Jawa Tengah, terdapat 239 PTS dengan total jumlah mahasiswa hingga Oktober mencapai 492.000 orang. Sementara total jumlah mahasiswa PTN sebanyak 120.000 orang. “Perguruan tinggi swasta memiliki peran sama dalam pembangunan SDM yang berkualitas dan unggul. Tidak ada dualisme sama sekali,” ujar dia.

Baca Juga: Mahasiswa Univet Bantara Gelar KKN dengan Bagi-Bagi Masker di Kartasura

Dalam kesempatan tersebut, Zainuri meminta dua guru besar yang dikukuhkan lebih bekerja keras dan disiplin agar Univet Bantara Sukoharjo lebih maju pada masa mendatang. Dia berharap para dosen yang telah menyandang gelar doktor turut berpacu mendapatkan kepangkatan akademik tertinggi.

Wakil Rektor 1 Universitas Bantara Sukoharjo, Sri Hartati, menyampaikan para guru besar memikul tanggung jawab besar dalam akselerasi peningkatan akademik. Dalam tiga tahun, guru besar wajib menyusun karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional. Pencapaian mereka harus dilanjutkan oleh para tenaga pengajar lainnya sehingga mampu menjaga regenerasi guru besar di Univet Bantara Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya