SOLOPOS.COM - Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, memberikan sambutan pembukaan seminar wisuda UT Surakarta dengan tema Reformasi Birokrasi Menuju UT PTN BH, di Graha Saba Buana, Solo, Selasa (19/7/2022). (Bayu Jatmiko Adi/Solopos)

Solopos.com, SOLO— Universitas Terbuka (UT) berencana membuka program studi (prodi) baru yang disebut banyak diminati masyarakat.

Pembukaan prodi baru itu akan dilakukan menyusul status UT yang siap menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, mengatakan saat ini UT tengah menunggu terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) terkait statusnya sebagai PTN BH.

Dia mengatakan dengan status PTN BH akan membuat UT lebih mandiri.  Termasuk dalam hal pengelolaan, keuangan hingga SDM serta dalam pengelolaan Pendidikan, termasuk membuka prodi baru.

“Kami berharap ke depan kami bisa melayani kebutuhan pendidikan tinggi masyarakat yang memang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat tapi kami tidak bisa menyelenggarakan karena ketentuan pemerintah.  Sebab kita harus pakai izin. Ketika PTNBH itu akan bisa dilakukan,” kata dia, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: UT Surakarta Ajak Guru Ikut Jadi Guru Penggerak, Ini Manfaatnya

Dia menjelaskan ada ketentuan berbeda antara perguruan tinggi negeri dengan status BLU dengan PTN BH dalam pembukaan prodi. Ketika belum menyandang PTN BH, perguruan tinggi tersebut hanya dapat membuka prodi ketika telah mengantongi izin dari pemerintah.

Lebih lanjut dia mengatakan ada beberapa prodi yang saat ini banyak diminati masyarakat. Seperti S2 Ilmu hukum, S2 Komunikasi, Diploma Vokasi dan sebagainya. Untuk itu UT ke depan berencana untuk dapat membuka prodi-prodi tersebut.

“Banyak [masyarakat] dari lembaga pelatihan yang sebenarnya membutuhkan UT untuk meneruskan pendidikannya, mereka butuh D2 atau D3. Kami akan lebih akomodatif terkait kebutuhan masyarakat,” lanjut dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya