UNIVERSITAS TERBAIK : Ini 15 Universitas Terbaik di Dunia

UNIVERSITAS TERBAIK : Ini 15 Universitas Terbaik di Dunia
SOLOPOS.COM - Ilustrasi (mahasiswastan.com)

Universitas terbaik di dunia diduduki Harvard University, Amerika Serikat.

Solopos.com, SOLO — Pihak The Center for World University Rankings (CWUR) atau Pusat Peringkat Universitas Dunia merilis daftar 1.000 universitas terbaik di dunia. HarvardUniversity tampak bertengger di urutan pertama.

Pantauan Solopos.com pada laman CWUR, Kamis (23/7/2015), dari 1.000 universitas terbaik itu, tidak ada satu pun universitas Indonesia yang masuk dalam kualifikasi bergengsi ini.

Survei untuk pemeringkatan 1.000 universitas terbaik di dunia versi CWUR ini berdasarkan delapan poin penilaian, meliputi kualitas pendidikan, pekerjaan alumni, kualitas fakultas, publikasi universitas, pengaruh universitas, kutipan, dampak luas, dan paten.

Berikut 15 daftar universitas terbaik di dunia berdasarkan survei CWUR;

No. Nama Universitas Negara Skor
1. HarvardUniversity Amerika Serikat 100
2. StanfordUniversity Amerika Serikat 98.66
3. Massachusetts Institute of Technology Amerika Serikat 97.54
4. University of Cambridge Inggris 96.81
5. University of Oxford Inggris 96.46
6. ColumbiaUniversity Amerika Serikat 96.14
7. University of California, Berkeley Amerika Serikat 92.25
8. University of Chicago Amerika Serikat 90.70
9. PrincetonUniversity Amerika Serikat 89.42
10. CornellUniversity Amerika Serikat 86.79
11. YaleUniversity Amerika Serikat 86.61
12. California Institute of Technology Amerika Serikat 84.40
13. University of Tokyo Jepang 78.23
14. University of Pennsylvania Amerika Serikat 77.60
15. University of California, Los Angeles Amerika Serikat 76.91

Simak ulasan delapan poin penilaian CWUR berikut;

1. Kualitas Pendidikan
Penialaian kualitas pendidikan diukur dengan jumlah alumni sebuah universitas yang telah mendapatkan penghargaan utama, hadiah, dan medali di tingkat internasional dibanding keseluruhan jumlah mahasiswa. Penilaian ini memiliki bobot 25%.

2. Pekerjaan Alumni
Segi penilaian ini diukur dari jumlah alumni sebuah universitas yang telah memegang posisi chief executive officer (CEO) atau pejabat eksekutif tertinggi di perusahaan bertaraf dunia dibanding dengan jumlah keseluruhan mahasiswa. Penilaian ini memiliki bobot 25%.

3. Kualitas Fakultas
Kualitas fakultas ini diukur dari jumlah akademisi yang telah memenangi penghargaan utama, hadiah, dan medali tingkat internasional. Bobot untuk kualifikasi ini sebesar 25%.

4. Publikasi
Publikasi ini terkait dengan jumlah makalah yang berhasil dipublikasikan dalam jurnal penelitian dengan reputasi baik. Penilaian tersebut berbobot lima persen.

5. Pengaruh
Pengaruh ini diukur dengan jumlah makalah penelitian yang telah dipublikasikan berpengaruh dalam pelbagai bidang penelitian. Penelitian ini memiliki bobot lima persen.

6. Kutipan
Kutipan dinilai dari seberapa tinggi jumlah makalah penelitian yang menjadi bahan rujukan. Penilaian kutipan ini berbobot lima persen.

7) Dampak Luas
Dampak luas diukur dari indeks-h universitas, yaitu tingkat produktivitas atau pengaruh dari karya-karya yang ada di suatu universitas. Penilaian sektor ini berbobot lima persen.

8) Paten
Paten diukur dari jumlah pengajuan paten internasional oleh pihak universitas. Penilaian pengajuan paten ini memiliki bobot lima persen.

Pemeringkatan 1.000 universitas terbaik dunia ini bertujuan untuk memberikan acuan penilaian secara komprehensif untuk pelbagai universitas agar semakin meningkatkan kualitas sebuah universitas. Kualitas universitas ini pun dipengaruhi dari komitmen mahasiswa, akademisi atau staf pengajar, administrator universitas, dan pejabat pemerintah dari seluruh dunia dalam pendidikan.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago