SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Salah satu universitas negeri ternama di Malaysia, Universitas Utara Malaysia (UUM) menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan kepada Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY dinilai berhasil mempererat hubungan Indonesia dan Malaysia.

Wakil Rektor UUM Prof Dr Mohamed Mustafa Ishak mengatakan pemilihan SBY karena sumbangannya dalam mengokohkan hubungan kedua negara, khususnya dalam bidang pendidikan tinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“UUM yang terletak dalam lingkungan Pertumbuhan Segitiga Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT) mendapatkan manfaat yang besar, khususnya melalui program yang diadakan sekretariat IMT-GT seperti program pertukaran mahasiswa, kebudayaan, dan olah raga,” kata dia sebagaimana dikutip Bernama, Selasa (3/8).

Ekspedisi Mudik 2024

Upacara penganugerahan gelar itu sendiri, kata Mohamed, akan dilakukan secara langsung oleh Yang Di-Pertuan Agung Tuanku Mizan Zainal Abidin pada 23 Oktober mendatang bersamaan dengan upacara wisuda ke-23 UUM, atau upacara wisuda khusus UUM pada 16 Februari tahun depan.

Mohamed juga memuji SBY sebagai arsitek pemulihan keamanan di Indonesia dan secara tidak langsung telah berkontribusi dalam memperkokoh keamanan di kawasan Asia Tenggara sehingga memberi dampak kestabilan ekonomi dan politik.

Mohamed berharap, dengan penganugerahan doktor kehormatan itu, dapat semakin membantu mempromosikan Malaysia sebagai tujuan belajar lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia.

Saat ini, sebanyak 690 mahasiswa Indonesia sedang mengambil perkuliahan di UUM, dan dari jumlah tersebut 293 diantaranya merupakan mahasiswa pascasarjana. Sedangkan sisanya mahasiswa S-1.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya