SOLOPOS.COM - Motor listrik BL-SEV01 ciptaan Universitas Budi Luhur. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA -- Kendaraan roda dua listrik buatan mahasiswa Universitas Budi Luhur (UBL) kembali diuji coba di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat. Sepeda otor listrik BL-SEVO1 mampu memberikan hasil membanggakan setelah mengalami berbagai perbaikan.

Mengutip Antaranews, Rabu (24/4/2021), Kepala pusat Studi Kendaraan Motor Listrik UBL, Sujono mengungkapkan pada sesi pengujian yang pertama pada Januari 2021, UBL masih mendapatkan kendala. Untuk mengatasi ini semua, UBL melakukan pengembangan mulai dari gear set, suspensi, ban, dan swing arm untuk alasan performa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"BL-SEV01 kembali kami riset di Laboratorium Fakultas Teknik Elektro Universitas Budi Luhur untuk disempurnakan selama dua bulan Lebih, khususnya di sektor Kaki-kaki, dan akhirnya siap diuji kembali di Sirkuit Sentul Internasional Bogor," ungkap Sujono.

Baca Juga : Ini Harga Tiket Bus Jakarta-Surabaya H-15 Larangan Mudik

Dalam sesi pengujian yang kedua pada 13 April 2021, dengan lokasi dan pembalap yang sama, BL-SEV01 diuji sebanyak 10 putaran. Hasilnya performa meningkat jauh jika dibandingkan dengan test ride pertama.

"Saya merasa lebih percaya diri karena motor listrik BL-SEVO1 lebih mumpuni di test ride kedua ini. Handling BL-SEV01 meningkat drastis dan stabil, khususnya kemampuan melewati tikungan lebih stabil untuk dibawa rebah," kata Galih

Seusai melintasi 10 putaran, BL-SEV01 yang menggendong motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga 16 kW langsung masuk ke pit stop untuk melakukan pengecekan kondisi dan performa baterai. Hasilnya baterai 48 Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere tidak ditemukan masalah.

Baca Juga : Inilah Tips Aman Lelang Sepeda Motor Atau Mobil Bagi Pemula

Performa juga lebih baik dibandingkan pengujian tahap awal dengan top speed BL-SEV01 dari 100 km/jam menjadi 135 km/jam. "Daya tahan, performa, serta kemampuan baterai yang ada sekarang sudah memenuhi standar minimal sebuah kendaraan motor sport listrik yang mampu bertahan di lintasan balap dengan kecepatan maksimal hingga 135 km/jam," kata Sujono.

Dalam kesempatan ajang Indonesia International Motor Show Hybrid 2021, UBL memajang berbagai kendaraan listrik yang sudah mereka ciptakan seperti Budi Luhur 40 (BL-40) dan Budi Luhur Charge Electric Vehicle 01 (BL-CEVO1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya