SOLOPOS.COM - Poster film Ambulance. (Universal Pictures)

Solopos.com, SOLO-Universal Pictures adalah studio Hollywood terbaru yang menghentikan pengiriman filmnya ke bioskop Rusia. Hal ini mengikuti langkah yang diambil Disney, Warner Bros., Sony, dan Paramount dalam menarik rilis mereka setelah ada invasi Rusia ke Ukraina.

“Menanggapi krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di Ukraina, Universal Pictures telah menghentikan rilis bioskop yang direncanakan di Rusia,” kata juru bicara Universal dalam sebuah pernyataan dilansir The Hollywood Reporter, Rabu (2/3/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelum hentikan pengiriman film ke Rusia, sebenarnya Universal Pictures akan merilis animasi The Bad Guys pada 24 Maret 2022 dan Ambulance karya Michael Bay pada 7 April. The Bad Guysadalah produksi DreamWorks Animation dan pengisi suara Sam Rockwell, Marc Maron, Craig Robinson, Anthony Ramos, dan Awkwafina.

Baca Juga: Dampak Invasi Rusia, Warner Bros Hentikan Rilis The Batman di Rusia

Ambulance dibintangi Jake Gyllenhaal dan Yahya Abdul-Mateen II sebagai perampok bank yang setelah terjadi pencurian, menyita ambulans dan menyandera pengemudi dan penumpang.  Sebelumnya pada Senin (26/2/2022), Disney memulai gelombang aksinya dengan mengatakan akan menarik rilisnya dari Rusia, termasuk Turning Red Pixar. Warner Brothers dan Sony dengan cepat mengikutinya dalam beberapa jam, sementara Paramount membuat pengumuman sendiri pada Selasa (1/3/2022) pagi.

Warner Bros mungkin yang paling dirugikan, dengan The Batman harus ditarik dari studio mana pun di Rusia. Langkah ini diambil hanya beberapa hari sebelum tanggal rilisnya.  Pada Minggu (27/2/2022), studio telah merencanakan untuk tetap berpegang teguh pada tanggal The Batman.

Baca Juga: Rentetan Konflik Rusia dan Ukraina dari Waktu ke Waktu

Proyek terkenal lainnya yang tidak lagi ditetapkan untuk rilis di Rusia termasuk Sonic the Hedgehog 2 dari Paramount dan film Jared Leto dari Marvel dan Sony, Morbius.

Studio-studio besar menarik film mereka mengikuti langkah akhir pekan oleh Uni Eropa untuk melarang Rusia dari sistem pesan antar bank global SWIFT. Tanpa SWIFT, studio mungkin tidak bisa mendapatkan uang kembali dari mitra distribusi Rusia mereka.

Baca Juga: Konflik Rusia dan Ukraina Berpotensi Pengaruhi Inflasi Indonesia

Rusia bukanlah pasar terkemuka untuk Hollywood, tetapi negara ini biasanya menempati urutan teratas dalam lusinan negara secara global di box office. Smash hits Sony baru-baru ini Spider-Man: No Way Home, yang telah mencapai US$1,85 miliar dalam penjualan tiket di seluruh dunia, telah meraup US$46,7 juta di Rusia. Rilis pemuncak tangga lagu terbaru Sony, petualangan Tom Holland Uncharted, telah mengumpulkan sekitar US$20 juta di Rusia selama dua pekan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya