SOLOPOS.COM - Sarang Madu khas Pati (Instagram/@jastip_byesa)

Solopos.com, PATI — Jangan salah paham dulu dengan nama makanan ini karena mungkin Anda mengira bahwa makanan ini berasal dari sarang lebah, padahal buka. Sarang madu adalah kudapan khas dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Penganan ini dibuat dari olahan tepung ketan dan kemudian dibaluri dengan gula merah. Kudapan ini memiliki tekstur yang renyah di mulut sehingga cocok sebagai teman minum kopi atau teh di saat  santai.

Dihimpun dari berbagai sumber, sarang madu atau carang madu awalnya berkembang dari Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti. Bentuknya memang tidak beraturan atau absurd dan kurang menarik namun dari segi rasa, kudapan ini memiliki rasa yang lazis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Secara etimologi, penamaan carang madu berasal dari Bahasa Jawa, yaitu carang yang bermakna ranting bambu. Karena bentuk yang tidak beraturan ini, maka makanan tersebut dinamakan carang madu dan sekarang dikenal secara luas dengan nama sarang madu.

Baca Juga: Sate Martawi, Lebih Gede dari Sate Lainnya

Sementara itu, nama sarang madu disematkan karena bentuk kudapan ini mirip seperti sarang burung. Sedangkan kata madu karena ada larutan gula yang kering yang mengental sehingga memiliki warna seperti madu.

Sejarahnya, makanan ini dulu dijadikan buah tangan oleh warga keturunan Tionghoa di daerah Welahan, Kabupaten Jepara, saat merayakan Tahun Baru Imlek. Kue atau kudapan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh jika ada kerabat atau tamu dari luar Jepara yang berkunjung saat perayaan tersebut.

Sementara bagi warga Muslim, makanan ini selalu disuguhkan saat perayaan hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri dan berbagai hajatan yang dilakukan. Maknan ini memiliki cita rasa khas dan banyak disukai anak–anak, orang dewasa, hingga orang lansia karena rasanya yang manis.

Baca Juga: Karimunjawa Ternyata Pulau Harta Karun

Jika ingin menikmati kue sarang madu ini wisatawan dapat membelinya di toko oleh–oleh dan pasar tradisional seperti Pasar Tayu Kabupaten Pati. Dengan harga cukup terjangkau sekitar Rp10.000, Anda sudah mendapatkan 1 bungkus sarang madu dengan rasanya yang nagih.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pati, sarang madu menjadi salah satu pilihan oleh–oleh karena ketahanan makanan ini cukup lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya