Uniknya Masjid Trapesium di Rest Area KM 66A Pandaan-Malang
Solopos.com|jatim

Uniknya Masjid Trapesium di Rest Area KM 66A Pandaan-Malang

Rest Area KM 66A menjadi satu-satunya rest area di ruas tol Pandaan-Malang.

Ekspedisi Tol Trans Jawa

Solopos.com, PASURUAN -- Rest Area KM 66A Pandaan-Malang kini sudah siap untuk menjadi tempat beristirahat bagi para pelaku perjalanan dari arah Surabaya ke Pasuruan maupun Malang. Di rest area ini juga ada masjid dengan desain unik yang bikin pengunjung betah beribadah di dalamnya.

Tim Ekspedisi Tol Trans Jawa mengunjungi Rest Area KM 66A Pandaan-Malang, Minggu (2/5/2021) siang. Rest area KM 66A itu memang masih dalam tahap pembangunan. Meski demikian, berbagai fasilitas di lokasi tersebut sudah lengkap.

Seperti ada tempat pengisian bahan bakar kendaraan, toilet, dan deretan kios yang menjajakan beragam makanan dan minuman. Selain itu, ada juga minimarket yang menjual beragam kebutuhan para pengguna jalan.

Terlihat di rest area ini ada sejumlah pekerja yang sedang membangun berbagai fasilitas permanen. Fasilitas yang ada saat ini masih semipermanen, kecuali masjid di lokasi rest area.

Masjid rest area tol Pandaan-Malang. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Masjid Ar-Rahman namanya. Masjid ini memiliki desain unik. Dari depan terlihat masjid tersebut berbentuk trapesium. Dinding masjid terlihat berlapis tiga di satu sisi dan sisi yang lain berlapis dua. Dinding ini juga berfungsi sebagai atap masjid.

Dinding masjid hampir semuanya berupa kaca sehingga cahaya matahari masuk di dalam masjid sangat banyak. Ini membuat masjid tidak perlu menggunakan lampu untuk penerangan pada pagi hingga sore hari. Selain itu, masjid ini juga sangat terbuka sehingga udara dengan mudah masuk ke dalam masjid.

Di dalam masjid juga terlihat lapang karena di dalam ruangan tidak ada tiang penyangga sama sekali. Selain itu, konsep bangunan masjid ini sendiri yang membuat ruang masjid terasa lebih lapang.

Suasana masjid rest area tol Pandaan-Malang. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Di luar masjid ada menara yang tingginya melebihi bangunan masjid. Menara itu dibangun dengan batu hitam. Di atas menara tertulis lafaz Allah.

Untuk tempat wudu, antara tempat wudu pria dan wanita sudah dipisah. Dan masing-masing tempat wudu, ada belasan keran yang mengalir air untuk kebutuhan bersuci.

Masjid Ar-Rahman ini baru diresmikan pada 29 Januari 2021 oleh Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Subakti Syukur.

Pengguna jalan tol bisa memanfaatkan rest area ini untuk tempat beristirahat dan untuk beribadah salat karena rest area ini menjadi satu-satunya di ruas Pandaan-Malang.

Meski beberapa fasilitas masih menggunakan bangunan semipermanen, tetapi fasilitas yang diberikan pengelola tetap yang utama.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago