SOLOPOS.COM - Museum Sewu Rai Wonogiri. (Istimewa/Youtube Channel Aryuniz Official)

Solopos.com, WONOGIRIMuseum di Wonogiri ini menyuguhkan hal yang berbeda dengan museum lainnya, yaitu di dalam museum terdapat wisata spiritual. Hal itu menjadi faktor pembeda dengan museum lainnya sehingga pengunjung tak lekas bosan saat mendatangi museum ini.

Dilansir dari laman titiktemu.co, Sabtu (24/9/2022), Museum Rai terletak di Dusun Patoman, Desa Mojoreno, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini. Di museum ini menampilkan ratusan topeng dengan variasi ekspresi wajah berbeda-beda.

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

Topeng-topeng tersebut di pajang di dalam figura yang berbahan dasar kaca, terletak di ruang utama Museum Sewu Rai. Topeng yang menggambarkan berbagai ekspresi itu diletakkan di sepanjang dinding lorong yang mengitari ruang utama.

Berbagai macam ekspresi seperti sedih, tertawa yang mengandung lucu, senang, bingung dan marah tersaji di museum ini. Dengan adanya topeng ekspresi, pengunjung yang berkunjung bisa langsung berimajinasi atau sekadar menghayati karakter wajah berbeda-beda.

Museum ini bukan sekadar pameran tapi sebenarnya lebih ke wisata spiritual. Para wisatawan dapat menangkap pesan tersirat yang berada di balik topeng wajah.

Baca Juga: Jejak Pertapaan Girimanik, Petilasan Pangeran Sambernyawa di Wonogiri 

Dalam bahasa Indonesia, Museum Sewu Rai berarti museum dengan seribu wajah. Selain memiliki nama unik, museum ini juga didesain ala Negeri Matahari Terbit alias Jepang. Hal itu lengkap dengan aksesori kimono (baju adat Jepang), bunga Sakura dan payung. Jika ingin memakai kimono kalian bisa menyewa dengan harga mulai dari Rp50.000 sampai Rp100.000.

Pemandangan ala Jepang akan terlihat ketika masuk gapura museum. Didesain dengan beberapa bangunan kayu khas Jepang dan hiasan lampu lampion serta payung berwarna-warni membuat aura khas Jepang terasa lebih kental.

Selain bisa berimajinasi, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang topeng ekspresi wajah. Tiket masuk di banderol senilai Rp5.000/orang. Museum ini buka setiap hari mulai 08.00 WIB sampai 16.00 WIB (weekdays) dan 08.00 WIB sampai 17.00 WIB (weekend)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya