SOLOPOS.COM - Lansia di Bolopleret Kecamatan Juwiring Klaten mengikuti vaksinasi booster di desa setempat, Senin (17/1/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemdes Bolopleret)

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak 89 orang lanjut usia (lansia) mengikuti vaksinasi booster di Kantor Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Klaten, Senin (17/1/2022). Uniknya, setiap peserta yang akan divaksinasi diwajibkan menyerahkan minimal dua botol plastik bekas ke Pemdes Bolopleret sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, pelaksanaan vaksinasi booster di Bolopleret berlangsung Senin (17/1/2022) mulai pukul 08.00 WIB-11.00 WIB. Vaksinasi booster kali ini merupakan yang perdana di Kecamatan Juwiring yang terdiri atas 19 desa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami mewajibkan para peserta vaksinasi booster membayar dengan minimal dua botol plastik bekas [dapat difungsikan sebagai media tanaman sayuran yang dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga]. Semuanya sangat antusias mengikuti vaksinasi. Ini bertujuan meningkatkan kepedulian lingkungan. Jadi, vaksinasi ini dapat menyehatkan warga, pengumpulan botol plastik bekas dapat menciptakan lingkungan yang bersih. Di sini, kami mengucapkan terima kasih ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Puskesmas Juwiring, dan bidan desa [termasuk sukarelawan desa],” kata Kepala Desa (Kades) Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Catur Joko Nugroho, kepada Solopos.com, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Penuhi Syarat, Klaten Tunggu Dropping Dosis Vaksinasi Booster

Bidan Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Sukeksi Woro Prihatin, mengatakan vaksinasi booster kali ini diberikan ke lansia yang sudah memperoleh vaksinasi dosis I dan dosis II. Vaksinasi booster ditujukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19. “Warga sangat antusias mengikuti vaksinasi booster. Program ini gratis dan tanpa dipungut biaya,” kata Sukeksi Woro Prihatin.

Sukeksi Woro Prihatin mengatakan tim medis di Bolopleret juga telah melakukan vaksinasi door to door. Hal itu ditujukan melayani warga yang memiliki komorbid. “Untuk door to door tadi ada 20 orang [dosisi II],” katanya.

Kapolsek Juwiring, Iptu Sumardi, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan pemberian vaksinasi booster di Kecamatan Juwiring kali pertama dilakukan di Desa Bolopleret. Diharapkan, vaksinasi yang digencarkan di Bolopleret dapat memperkuat imunitas tubuh masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Mantap, Layanan Vaksinasi Klaten Lebihi Target Jateng

“Ya, vaksinasi booster hari dimulai di Kecamatan Juwiring. Pelaksanaan vaksinasi booster di Bolopleret berlangsung lancar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya