SOLOPOS.COM - Belgia menyiapkan paspor khusus bernuansa komik klasik Tintin untuk warganya . (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Penggemar komik klasik mungkin tak asing dengan Tintin, karakter jurnalis asal Belgia yang suka berkeliling dunia memecahkan masalah atau misteri.

Komik tersebut sangat dikenal dan dicintai oleh masyarakat di Belgia. Kini warga Belgia bisa berkeliling dunia dengan Tintin hlo meski dalam cara berbeda. Belgia telah menyiapkan paspor khusus bernuansa komik klasik Tintin untuk warganya mulai Februari dan seterusnya.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Sejumlah besar bangunan ikonis dari komik akan menghiasi tiap halaman paspor tersebut. Selain Tintin, roket bulannya yang terkenal dan rumah Moulinsart milik temannya Kapten Haddock, paspor itu juga memuat karakter-karakter komik lainnya seperti Smurfs dan koboi Lucky Luke.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca JugaL Dua Kuda Nil di Kebun Binatang Belgia Positif Corona, Kok Bisa?

Terlepas dari tampilan buku kartunnya, pihak berwenang mengatakan keamanan paspor telah ditingkatkan, dengan elemen keamanan dua kali lipat menjadi 48.

Belgia sendiri merupakan rumah dari tokoh jurnalis besutan Herge tersebut. Mengunjungi Belgia, Anda akan disambut dengan banyak elemen khas si jurnalis berambut jambul tersebut serta teman-temannya.

Salah satu tempat yang tentu akan begitu menyenangkan untuk disambangi adalah Musée Hergé, atau Hergé Museum, yang merupakan sebuah museum di Belgia yang didedikasikan untuk kehidupan dan karya kartunis Belgia Georges Remi (1907–1983), yang menulis dengan nama pena Hergé, pencipta seri album komik “The Adventures of Tintin”.

Baca Juga: Wow, Satu Halaman Komik Jadul Spiderman Laku Rp48 Miliar

Museum ini terletak di kota Louvain-la-Neuve di Wallonia di selatan Brussel dengan alamat, “Rue Labrador 26”, rumah pertama Tintin di dalam buku. Museum dirancang oleh arsitek Prancis Christian de Portzamparc, dengan interior yang dirancang oleh kartunis Joost Swarte.

Peletakan batu pertama dilakukan pada Mei 2007 selama seratus tahun kelahiran Hergé dan dibuka pada Juni 2009. Bangunan ini terdiri dari tiga lantai dengan total sembilan ruang pameran, dan kafe, toko museum dan bioskop mini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya