SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI – Pasar Doplang di Desa Pandan, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah tengah menjadi buah bibir karena keunikannya. Pasar yang menjual aneka makanan tradisional ini bebas dari plastik. Jadi, semua barang dagangan yang ada di pasar tersebut tidak dibungkus dengan plastik.

Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (11/2/2019), pedagang di Pasar Doplang di Sologohimo, Wonogiri, menjajakkan aneka makanan tradisional, mulai dari tiwul, grontol, hingga nasi jagung. Dalam video viral di Youtube, pengelola pasar menerapkan sejumlah aturan unik yang ditulis di papan warna-warni.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nyuwun kawigatosanipun. Pasar meniko bebas saking plastik. Arto kedah dilintu koin. Sesarangan njagi keresikan lingkungan. Pacelatonipun ngginakaken boso Jowo. Mbucal uwuh wonten papanipun. [Mohon perhatiannya. Pasar ini bebas dari plastik. Uang harus ditukar dengan koin. Mari bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Transaksi jual beli menggunakan bahasa Jawa. Dan buanglah sampah pada tempatnya],” demikian peraturan yang ada di pasar tersebut.

Dalam Buletin Indonesia Siang yang disiarkan GTV Senin siang, omzet yang diperoleh masing-masing pedagang di Pasar Doplang Wonogiri bervariasi. Dalam sekali berjualan, pedagang bisa mengumpulkan uang mulai Rp90.000 hingga Rp700.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya