SOLOPOS.COM - Pemain egrang dari Komunitas Kyai Iroboyo berfoto bersama pengunjung car free day (CFD) Solo, Minggu (15/5/2022) (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Para pemain egrang turut unjuk aksi di antara kepadatan pengunjung car free day atau CFD Solo, Minggu (15/5/2022) pagi. Egrang yang ditampilkan di sepanjang Jl Slamet Riyadi, Solo, itu tak main-main. Tinggi egrang mencapai tiga meter lebih sehingga tampak menjulang.

Mereka menghibur pengunjung CFD dengan menyapa dari ketinggian. Selain itu, pengunjung yang foto bareng juga tidak dipungut biaya sedikit pun. Mereka memang berniat untuk menghibur warga Solo.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Komunitas yang mewadahi pemain egrang bernama Komunitas Egrang Kyai Iroboyo. Dari informasi yang diterima Solopos.com, komunitas egrang tersebut berasal dari daerah Begajah, Kabupaten Sukoharjo.

Komunitas egrang tersebut sudah pernah unjuk aksi di CFD Solo, juga dalam Karnaval Budaya Jawa Tengah 2019 di Wonogiri. Koordinator Komunitas Egrang Kyai Iroboyo, Dhanu, mengatakan total anggota komunitas ada 40 orang.

Namun yang datang di CFD Solo, Minggu (15/5/2022), hanya sekitar empat pemain dan beberapa anggota. “Kalau dari komunitasnya sendiri sekitar 40 orang kalau ini cuma main [menghibur] ke sini sih. Di sini bawa empat orang pemain. Ada Rangga, Darwin, Ali, dan Anggi,” kata Dhanu saat ditemui Solopos.com di CFD Solo.

Baca Juga: Serunya Jalan-Jalan Bareng Reptil di CFD Solo

Atraksi egrang di CFD Solo sempat turut vakum karena situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan CFD Solo dijeda sementara. “Ini sudah biasa dulu sering sih cuma pandemi itu,” jelas Dhanu.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, empat pemain egrang melakukan persiapan di kawasan pertigaan Stadion R Maladi Sriwedari, tepatnya di depan KC Bank Syariah Indonesia sejak pukul 06.30 WIB. Danu bersama sekitar lima kawannya mulai memasang kostum yang bisa menutup kayu egrang.

Para pemain duduk di tempat yang lebih tinggi. Kemudian mereka memakai sepatu yang menempel langsung di egrang yang tinggi itu. Tali sepatu dipastikan aman agar kaki pemain tetap aman saat melakukan atraksi.

Baca Juga: Diserbu Pengunjung Saat Tinjau CFD, Wali Kota Solo Gibran Santai

Tidak Latihan

Perlahan-lahan mereka berdiri. Empat pemain egrang yang mengenakan kostum merah menyapa pengunjung CFD Solo sekitar pukul 07.10 WIB telah berjalan sekitar 130 meter hingga di depan MAN 2 Solo.

Tampak puluhan penonton menyapa gembira para pemain egrang itu. Tak sedikit dari mereka juga berfoto bersama. Dhanu mengatakan hampir semua pemainnya sudah andal meski tidak ada latihan rutin yang dijadwalkan.

Hal itu dikarenakan semua pemain memiliki bakat dari para sesepuhnya. “Kalau dulu enggak [latihan] sih. Karena ini keturunan ya dari keluarga,” katanya.

Baca Juga: Cerita Pedagang Sambut CFD Solo Perdana: Buka Lapak Sejak Subuh

Meski semua pemainnya sudah andal, beberapa pemain sempat mengatakan dirinya cukup grogi. Hal itu karena mereka sudah lama tidak unjuk aksi dalam CFD Solo.

Kedatangan mereka di CFD Solo memang diniatkan untuk menghibur masyarakat dan ajang bermain mereka. Namun beberapa kali sebelumnya mereka juga mengisi acara di event-event tertentu seperti pernikahan atau karnaval.

“Ya mungkin dikit-dikit ada yang grogi ya. Ini enggak ada latihan baru pertama ini [seusai pandemi]. Langsung main ke sini. Ada ya mungkin undangan buat pernikahan ulang tahun atau event tertentu gitu ya. Ini juga sekaligus jadi hobi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya