Unik! Kuliner Soto Bancar Khas Purbalingga Topping Bakso & Saus Kacang

Keunikan dari Soto Bancar ini dengan sajian soto-soto lainnya lain adalah adanya tambahan saus kacang, bakso dan kerupuk merah putih dalam penyajiannya.

Solopos.com, PURBALINGGA Soto Bancar merupakan salah satu kuliner khas daerah Desa Bancar, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Sekilas soto ini mirip dengan Soto Sokaraja khas Kabupaten Banyumas. Namun yang membedakan sekaligus menjadi keunikan dari soto-soto lain adalah adanya tambahan saus kacang, bakso, dan kerupuk merah putih dalam penyajiannya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube Emzy Ardiwinata, Kamis (23/9/2021), salah satu penjual Soto Bancar yang terkenal di pusat Kota Kabupaten Purbalingga adalah Soto Bancar Pak Joko yang sudah berdiri sejak 1983. Lokasi warung ini hanya berjarak sekitar 2 km dari alun-alun Kota Purbalingga.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Jendral Sudirman, Bacar,  atau berada tepat disamping Sungai Kalilarangan. Pak Joko yang merupakan penjual Soto Bancar menjelaskan, selain diberi topping saus kacang, keunikan lain dari soto ini adalah ada pada tekstur kuahnya yang kental. Selain itu, Soto Bancar ini juga ada tambahan topping bakso sebagai salah satu pilihan.

Baca Juga: Kebakaran Kandang Ayam di Tegowanu Grobogan, 20.000 Ayam Terpanggang

Harga Soto Bancar sendiri dipatok sesuai topping yang dipilih, jika toppingnya bakso dihargai Rp15.000 per porsi, sedangkan Soto Bancar dengan topping suwiran ayam dihargai Rp20.000 dan jika topping-nya suwiran daging sapi dihargai Rp25.000 per porsi.

Isi dari soto ini sudah pasti mengenyangkan karena selain tekstur kuahnya yang kental, komponen sotonya juga melimpah ruah sehingga sudah pasti siapapun yang menyantap akan kenyang dan puas. Soto Bancar Pak Joko ini buka 12 jam, dari jam 9.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Setiap harinya, Pak Joko dan tim menghanbiskan sekitar 10 kilo daging sapi yang diolah menjadi bakso atau suwiran sebagai topping tambahan. Jika ingin menambah sensasi pedas, bisa menambahkan sambal yang terbuat dari cabai merah, cabai rawit dan tomat. Karena terdapat saus kacang tersebut, rasa yang ada di Soto Bancar ini tentunya ada sensasi manisnya.

Baca Juga: Ketan Pencok, Berawal dari Coba-Coba hingga Jadi Ikon Kuliner Brebes

Isian dari Soto Bancar ini terdiri dari nasi, mi soun, kecambah, daun bawang, suwiran atau topping (ayam,daging sapi, atau bakso), kerupuk merah putih dan tidak lupa saus kacang yang memberikan senasi kekentalan dan rasa manis serta gurih pada soto ini.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago