SOLOPOS.COM - Seporsi gule goreng khas Solo. (Surakarta.go.id)

Solopos.com, SOLO — Olahan kuliner kambing di Kota Solo, Jawa Tengah, terbilang cukup terkenal. Bukan perkara sulit mencari warung makan yang menyajikan olahan kuliner tersebut. Salah satu yang cukup unik adalah sajian gule goreng. Apakah Anda pernah mencicipi penganan yang satu ini?

Gule kambing merupakan makanan berbahan dasar jeroan kambing yang dimasak dengan kuah santan dan aneka rempah pilihan. Tambahan rempah-rempah inilah yang membuat kuah gule terasa gurih dan nikmat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika biasanya Anda makan gule kambing versi basah, tidak ada salahnya untuk mencicipi versi goreng. Sajian kuliner yang unik ini bisa Anda temukan di Warung Pak Samin yang terletak di kawasan Ngarsopuro tepatnya di Jl. Diponegoro nomor 36 Solo maupun yang berlokasi di Jl. Ronggowarsito, Kampung Baru.

Baca juga: Wisata Kuliner Galabo Solo Dibangkitkan Kembali, Ini Pesan Paguyuban Pedagang

Warung tersebut menyajikan olahan gulai yang tidak biasa, yaitu gule goreng. Lantas apa bedanya dengan gule kambing pada umumnya?

Kuliner yang satu ini terbilang eksklusif karena hanya bisa ditemukan di Warung Pak Samin. Seporsi gule goreng berisi jeroan kambing yang digoreng garing dan disajikan dengan kuah gulai secara terpisah.

Sebelum digoreng, jeroan yang berupa babat, usus, paru-paru, hati, dan sebagainya dimasak dengan santan encer dan aneka rempah agar empuk. Saat ada pesanan, aneka jeroan itu akan diambil dan ditiriskan kemudian digoreng sampai garing.

Baca juga: Kisah 1 Keluarga Dapat Wangsit Jadi Penjaga Desa Tenggelam di Demak

Proses menggoreng dilakukan cukup lama di dalam wajan yang diletakkan di tungku arang. Jeroan digoreng sampai benar-benar garing dan renyah.

Begitu jeroan masuk ke mulut, rasanya seperti makan kerupuk yang garing. Makanan yang satu ini terasa semakin nikmat disantap dengan nasi dan kuah gulai yang hangat.

Seporsi gule goreng ini dijual dengan harga cukup terjangkau, mulai Rp30.000 saja. Bagaimana, apakah Anda tertarik mencicipi makanan yang satu ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya