Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Unik! Camilan Khas Cirebon Ini Bernama Kerupuk Melarat

Kota Cirebon memiliki jajanan khas dengan nama yang unik, yaitu kerupuk melarat yang bisa ditemui di jalur Pantura.
SHARE
Unik! Camilan Khas Cirebon Ini Bernama Kerupuk Melarat
SOLOPOS.COM - Kerupuk melarat. (antara)

Solopos.com, CIREBON — Saat berkunjung ke Kota Cirebon, Jawa Barat, belum lengkap rasanya apabila tak mencicipi camilan khasnya, yakni kerupuk melarat.

Kerupuk melarat memiliki arti kerupuk miskin. Meski demikian, kuliner ini tak akan membuat orang yang mengonsumsi menjadi miskin. Kerupuk ini bisanya dikemas dengan plastik dan diikat menggunakan rafia

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Dikutip dari laman Pemerintah Kota Cirebon, cirebonkota.go.id, Rabu (23/2/2022), kerupuk ini memiliki varian warna yang mencolok. Biasanya berwarna merah, kuning, putih, dan hijau. Hal itu dapat membuat Anda tertarik untuk menyantapnya.

Baca Juga: Yummy! Bakmi Toprak Legend di Belakang RSUI Kustati Solo, Pernah Coba?

Jajanan kerupuk melarat ini cocok disajikan bersama sambal yang memiliki rasa asam. Selain namanya yang unik, jajanan ini juga dimasak dengan cara yang berbeda dari camilan lain, yakni digoreng tanpa menggunakan minyak, melainkan dengan pasir yang sudah disaring.

Dikutip Antaranews, kerupuk melarat ini dibuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan racikan khusus alami. Sementara pewarnanya tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Kerupuk ini bisa ditemui saat melintasi jalur Pantura, terutama Cirebon dan juga Brebes, Jawa Tengah. Camilan renyah ini juga bisa di pinggir jalan sekitar tempat wisata.

Baca Juga: Mi Nyemek Super Pedas ada di Solo Loh, Ini Lokasinya

Kerupuk melarat dari Cirebon ini juga diserbu pembeli saat memasuki Bulan Ramadan. Lalu saat momen mudik lebaran, camilan gurih dan mampu bertahan dengan waktu lama ini diminati banyak pemudik untuk menjadi buah tangan di kampung halaman.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode