Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah

Buah belimbing berwarna merah itu dibagikan oleh akun Instagram @tani_ndezo pada Sabtu (27/11/2021).
Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah
SOLOPOS.COM - Buah belimbing merah di Wonogiri. (Instagram/@tani_ndezo)

Solopos.com, WONOGIRI—Buah belimbing lazimnya berwarna hijau saat muda dan kuning saat usia matang. Namun, berbeda dengan buah belimbing milik warga di Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Wonigiri. Belimbing itu berwarna merah mencolok. Buah belimbing berwarna merah itu dibagikan oleh akun Instagram @tani_ndezo pada Sabtu (27/11/2021). “Ada yg pernah lihat warna buah belimbing merah sprt ini??” Tulis akun @tani_ndezo.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, buah belimbing berwarna merah itu sudah mendapatkan lebih dari 800 tanda suka dari warganet. Tak ayal beberapa warganet berkomentar tak percaya buah belimbing berwarna merah pada postingan tersebut.

“Belimbing ko warnanya aneh perasaanku, apa aku yang desa apa ya?” Komen salah satu warganet dengan bahasa Jawa. “Asli?? Apa di semprot pake pilok??” Tanya warganet lainnya.

Baca Juga: Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Setelah ditelusuri Solopos.com, pemilik akun Instagram tersebut diketahui bernama Toro, 35. Dia  mengungkapkan buah belimbing itu milik tetangganya. Pohon belimbing berada tepat di samping rumahnya.

“Ceritanya, pas saya mau cangkok belimbing di rumah Bu Karmi buat bibit. Saya melihat buah belimbing kok warnanya merah, dan cuma satu buah. Yang lain warnanya hijau layaknya belimbing lainnya, setelah itu saya foto,” ucap Toro saat di hubungi Solopos.com, Selasa (30/11/2021).

Saat ditanyai soal berapa banyak belimbing berwarna merah, dirinya menjelaskan hanya satu. “Itu cuma satu buah merah di pohonnya, mungkin disebabkan faktor cuaca atau kurangnya nutrisi pada pohon,” terangnya.

Baca Juga: Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Toro mengatakan pohon dan buah belimbing itu masih tumbuh dengan baik, dirinya yang juga pengusaha bibit tanaman. Mengaku heran saat pertama kali melihat belimbing berwarna merah itu.

“Yang jelas heran banget, masalahnya baru pertama kali juga saya lihat [belimbing merah] selama saya usaha bibit buah.” Imbuhnya.

Tak hanya Toro, pemilik pohon belimbing berwarna merah itu, Karmi,65, pun merasa heran saat kali pertama melihat pohon belimbing di samping rumanhya berwarna merah.

Baca Juga: Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

“Heran juga, kok belimbing warnanya merah, biasanyakan enggak. Paling warna hijau kalau enggak ya kuning gitu,” kata Karmi saat di hubungi Solopos.com, Selasa (30/11).


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago