SOLOPOS.COM - Peneliti Meksiko ciptakan masker khusus untuk makan (yahoo)

Solopos.com, JAKARTA–Beragam inovasi dilakukan meminimalkan persebaran virus Corona di restoran, salah satunya menciptakan masker khusus untuk makan. Wah seperti apakah bentuknya ya?

Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Agar lebih aman saat makan di restoran, para peneliti di Meksiko menciptakan masker  khusus untuk makan. Masker ini menutupi bagian hidung untuk menangkal virus Corona.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diketahui masih dalam masa pandemi Covid-19, penggunaan masker di tempat umum seperti restoran dan kafe masih jadi peraturan wajib hampir di seluruh negara. Apalagi makan bersama di restoran berisiko tinggi.

Baca Juga: Kamu Sangat Butuh Liburan Bila Kamu Menunjukkan Gejala Ini

Banyak orang yang mengeluhkan bahwa mereka kesulitan makan di restoran, karena harus menggunakan masker yang menutupi mulut setiap saat. Mereka butuh masker khusus untuk makan. Dari sini muncullah ide untuk membuat desain masker untuk pengunjung restoran.

Dilansir dari Yahoo dan detikcom pada Jumat (26/3/2021), baru-baru ini beberapa peneliti di Meksiko menciptakan masker kecil yang hanya menutupi bagian hidung saja.

Berbeda dengan masker pada umumnya, masker ini tidak menutupi bagian mulut, jadi orang-orang yang makan di restoran atau di kafe masih bisa menikmati makanan mereka.

Masker hidung ini dibuat untuk mengurangi risiko terpapar virus Corona bagi orang-orang yang mau makan di restoran. Meski tidak sepenuhnya efektif, tapi para peneliti menyebutkan masker hidung ini lebih baik dibandingkan orang-orang tidak memakai masker sama sekali saat makan di luar.

Sementara menurut perwakilan dari Johns Hopkins University di Amerika Serikat ada beberapa sel yang memberi indera penciuman di bagian hidung. Hal ini bisa menjadi pintu masuk utama virus Corona ke dalam tubuh sehingga penting untuk menggunakan masker hidung meski saat tengah makan.

World Health Organization (WHO) tetap menyarankan agar semua orang terus menggunakan masker wajah. Masker ini harus menutupi bagian hidung, mulut hingga ke dagu.

Sebelumnya ada juga restoran di India yang tawarkan masker khusus untuk makan.  Dilansir dari Zee News, restoran yang terletak di Kolkata, India, viral setelah merancang masker khusus untuk makan. Masker ini di bagian mulutnya bisa dibuka menggunakan resleting seperti celana.

Dengan mudah pengunjung yang menggunakan masker ini bisa membuka resleting mereka di bagian mulut untuk minum dan makan. Setelah itu mereka bisa menutup masker tersebut sehingga tetap aman selama di dalam restoran.

Sang pemilik restoran bernama Somoshree Sengupta mengatakan bahwa kini masker merupakan benda wajib yang harus dipakai. Karenanya ia berinisiatif menambahkan resleting, agar orang-orang bisa dengan nyaman makan dan minum tanpa harus melepas masker mereka sepenuhnya.

Restoran di India menyediakan masker khusus untuk makan bagi pengunjung (ANI)
Restoran di India menyediakan masker khusus untuk makan bagi pengunjung (ANI)

“Karena masker sudah menjadi peraturan wajib di sini, jadi ketika kalian akan makan kalian bisa membuka resletingnya. Setelah selesai kalian bisa langsung menutupnya,” jelas Sengupta.

Baca Juga: Waspadai Efek Anak Mendengar Ucapan Buruk

“Kami menyediakan masker ini secara gratis untuk semua pengunjung yang datang ke restoran ini. Meski begitu mereka tak wajib menggunakan masker buatan kami ini, mereka bisa memakainya semau mereka, selama mereka mengenakan masker yang lain,” beber Sengupta.

Meski terbilang langkah yang kecil tapi banyak warganet yang mengapresiasi dan memuji langkah Sengupta menyediakan masker khusus untuk makan ini. Warganet berharap akan ada lebih banyak restoran hingga kafe yang lebih peduli dengan protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya