SOLOPOS.COM - Kopi bakar. (Instagram/ @kopibakar_solo)

Solopos.com, SOLO — Kopi menjadi salah satu minuman favorit anak muda saat mengisi waktu luang. Di dekat Kota Solo terdapat kopi bakar yang patut untuk dicoba.

Kopi ini dijajakan di warung bernama Kopi Bakar. Warung ini berada di Jl Adisumarmo No.582 atau sebelah barat pintu tol Klodran, Colomadu, Karanganyar yang tak jauh dari daerah Banyuanyar, Banjarsari, Solo. Bagi yang ingin menikmati kopi ini dapat datang mulai 15.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Berdasarkan keterangan di bio akun Instagram @kopibakar_solo, warung kopi bakar di dekat Solo ini hanya buka tiga hari, yakni Jumat hingga Minggu. Kopi ini dibuat dengan cara diletakkan di atas wajan yang berisi pasir pantai.

Baca Juga: Kemuning Era Mangkunagoro IV: Pernah Jadi Sentra Kebun Kopi Soloraya

Ekspedisi Mudik 2024

Minuman kopi bakar ini dibanderol mulai Rp8.000. Kopi lain juga tersedia di warung ini seperti espreso, machiato, americano, dan lainnya dengan berbagai varian harga.

Sementara ada menu lain yang dikukus seperti bakso ikan, siomai, cumi-cumi tahu, kacang, hingga pisang. Menu makanan yang dikukus tersebut hanya dibanderol Rp3.000. Sementara bagi Anda yang tengah kelaparan dapat memesan nasi bakar yang dibanderol Rp6.000.

Kopi bakar yang berada di Klodran, Karanganyar dan berdekatan dengan daerah Banyuanyar, Banjarsari, Solo ini memiliki cita rasa yang khas karena dibuat dengan cara yang unik.

Baca Juga: 4 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Jawa Timur, Ada yang Andalan Ekspor

Dikutip dari situ Kemenparekraf, konsumsi kopi nasional terus meningkat tiap tahun. Menurut Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, konsumsi kopi nasional pada 2016 mencapai sekitar 249.800 ton, dan tumbuh menjadi 314.400 pada 2018.

Hal itu juga dibarengi dengan meningkatnya produksi kopi di Tanah Air. Berdasarkan data BPS 2019, Indonesia berhasil memproduksi kopi sebanyak 742.000 ton. Lumbung kopi terbesar di Indonesia berada di wilayah Sumatra.

Kopi Nusantara sendiri pernah mendapatkan apresiasi dari pencinta kopi di belahan dunia. Indonesia berhasil masuk sebagai salah satu produsen biji kopi terbesar ke-4 di didunia pada 2019.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh kopi bakar (@kopibakar_solo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya