SOLOPOS.COM - Rektor Undip Semarang, Prof. Yos Johan Utama (kiri), saat memimpin upacara pengukuhan guru besar di Kampus Undip Tembalang, Semarang, Selasa (14/6/2022). (Solopos.com-Humas Undip Semarang)

Solopos.com, SEMARANG – –Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menambah daftar guru besar atau profesor di lingkungan perguruan tingginya. Kedelapan guru besar itu dikukuhkan dalam acara pengukuhan di Gedung Prof. Soedarto, S.H., Kampus Undip Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), mulai 14-16 Juni 2022.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., memberikan selamat kepada delapan guru besar Undip yang dikukuhkan itu. “Mewakili segenap civitas academica Undip, saya menyampaikan selamat dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para guru besar yang baru saja dikukuhkan beserta keluarga yang telah berhasil meraih jabatan akademik tertinggi di bidang ilmu masing-masing,” ujarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia melanjutkan, keberhasilan tersebut tentu bukanlah hasil usaha sendiri, namun banyak pihak terlibat yang saling bahu-membahu sehingga memungkinkan berhasil menggapainya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas peran keluarga dan tentu tidak mungkin kita lupakan peran prodi, fakultas, senak akademik, dewan guru besar, Tim Penilai Angka Kredit, dan para pembimbing yang mempunya peran menentukan dalam pencapaian jabatan guru besar ini,” imbuh Yos.

Yos berharap kepada guru besar yang telah dikukuhkan agar terus menciptakan karya-karya ilmiah dan mampu menjaga integritas. “Saya berharap kedepan para Guru besar terus menghasilkan karya ilmiah yang bermutu yang terbarukan dan mampu menjaga integritas baik sebagai manusia maupun sebagai pengajar,” katanya.

Baca juga: 3.257 Mahasiswa Baru Diterima di Undip Semarang Lewat Jalur SMBPTN, Jurusan Ini Paling Diminati

Sementara itu, Ketua Senat Akademik Undip, Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., Ph.D., IPU., menyampaikan saat ini jumlah guru besar aktif di Undip mencapai 161 orang. Dengan makin banyaknya guru besar yang dikukuhkan, maka menjadi salah satu indikator semakin meningkatkanya kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi di Undip

“Beberapa orang guru besar baru lagi sudah turun SK-nya dan menunggu untuk dikukuhkan dan beberapa dosen masih dalam proses di Ditjen Dikti untuk diangkat menjadi guru besar. Kita semua sangat mengharapkan jumlah guru besar di Undip akan bertambah lagi.” ucap Prof. Edy.

Sementara itu, delapan guru besar Undip yang dikukuhkan tersebut yakni Prof. Dr. sc.agr. Iwan Rudiarto, S.T., M.Sc., Prof. Dr. Sunarti, S.T., M.T. dari Fakultas Teknik, dan Prof. Dr. Rahmat Gernowo, M.Si. dari Fakultas Sains dan Matematika. Kemudian, Prof. dr. Muhamad Thohar Arifin, Ph.D., PA., Sp.BS (K). dari Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. Ir. Abdul Ghofar, M.Sc. dan Prof. Dr. Ir. Fronthea Swastawati, M.Sc. dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Selain itu ada Prof. Dr. Ir. Luqman Buchori, S.T., M.T., IPM. dan Prof. Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA. Keduanya dari Fakultas Teknik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya