top ear
Ilustrasi kampus Undip Semarang. (Solopos-Dok.)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi kampus Undip Semarang. (Solopos-Dok.)

Undip Liburkan Kuliah Antisipasi Wabah Corona

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memutuskan untuk menghentikan kegiatan perkuliahan sementara waktu, guna mengantisipasi penyebaran virus corona.
Diterbitkan Senin, 16/03/2020 - 03:20 WIB
oleh Solopos.com/Imam Yuda Saputra
2 menit baca

Solopos.com, SEMARANG -- Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memutuskan menghentikan kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik di lingkungan kampus tersebut untuk sementara waktu.

Keputusan tersebut diambil Undip guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, yang saat ini telah merambah di sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Sub Bagian (Kassubag) Tata Usaha (TU) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas dan Media, Utami Setyowati, mengatakan keputusan menghentikan kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik itu sesua dengan Surat Edaran (SE) Rektor Undip No.20/UN7.P/SE/2020.

Sosok Petapa Kata Anak Indigo Tak Pernah Tinggalkan Gua Kreo Semarang

“Dengan ditetapkannya penyebaran virus Covid-19 [virus corona] sebagai bencana nasional oleh BNPB, maka dalam upaya pencegahan penyebaran virus tersebut, Undip menunda pelaksanaan perkuliahan mulai 16-21 Maret 2020. Pada tanggal itu mahasiswa tidak perlu hadir di kampus,” jelas Utami dalam keterangan resmi.

Utami menambahkan setelah tanggal 21 Maret, kegiatan perkuliahan akan kembali digelar. Meski demikian, kegiatan perkuliahan maupun bimbingan mahasiswa dilaksanakan dengan menggunakan pola dalam jaringan (daring) atau online.

Tanpa Batas Waktu

“Pelaksanaan kegiatan perkuliahan dan asistensi secara daring ini dilakukan hingga akhir semester I atau dalam batas waktu tertentu dengan memperhatikan kondisi yang ada,” tulis Utami.

Sementara itu, untuk kegiatan perkuliahan yang digelar dengan menggunakan metode praktik tetap dilakukan dengan mengacu pada tatap muka secara langsung.

Ditolak di Surabaya, Kapal Pesiar MV Colombus Bersandar di Semarang

Namun, jika pelaksanaan perkuliahan praktik tak dapat dihindari, maka pihak kampus wajib melakukan mitigasi pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai standar yang telah ditetapkan pemerintah.

Selain meliburkan sementara kegiatan perkuliahan, Undip Semarang juga akan menunda prosesi wisuda semester I. Sebagai gantinya, ijazah, transkip nilai, maupun sertifikat Cumlaude mahasiswa bisa diambil secara langsung pada waktu yang akan ditentukan.

“Undip juga akan membatalkan seluruh kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa baik di area kampus maupun di luar kampus,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Editor : Profile Rahmat Wibisono
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini